Toilet Umum dan Sepak Bola Bukti Karakter Suatu Bangsa

By: On: Dibaca: 110,604x
Toilet Umum dan Sepak Bola Bukti Karakter Suatu Bangsa

ridwan-kamil

Ridwan Kamil

 

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil banyak bicara tentang filosofi yang diambil dari sepak bola saat mengikuti rapat koordinasi persiapan final Piala Presiden 2015 di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jumat (16/10/2015).

Salah satunya adalah hubungan antara sepak bola dengan karakter bangsa. Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, karakter suatu bangsa bisa dilihat dari dua hal, yaitu toilet umum dan sepak bola. Jika dari dua hal itu saja masih bermasalah, maka bangsa tersebut belum memiliki kepribadian yang baik dan dewasa.

“Kalau mau lihat karakter bangsa, mudah saja, tinggal lihat toilet umum dan sepak bolanya. Dua hal itu bisa mewakili karakter dan kepribadian suatu bangsa,” kata Ridwan.

Kebersihan toilet dapat menunjukkan karakter bangsa. Sementara, sportivitas dapat tercermin dari perilaku para pendukung klub sepakbola.

“Di Piala Presiden nanti, itu momentum, untuk memperlihatkan apakah para supporter bisa datang dan pulang dengan tertib dan bersikap fair,” tutur Ridwan.

Menjelang final Piala Presiden 2015 nanti yang mempertemukan Persib Bandung dengan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Ridwan mengimbau agar “bobotoh” tidak membawa kendaraan roda dua dan memilih transportasi umum seperti kereta dan bus. Hal itu dilakukan agar polisi bisa mudah mengawal saat mereka berangkat maupun saat kembali pulang usai pertandingan.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!