TMMD Sengkuyung Tahap III Purbalingga Ditutup. Desa Tunjungmuli dan Sekitar Tercukupi Air Bersih

By: On: Dibaca: dibaca 54.56Rbx
TMMD Sengkuyung Tahap III Purbalingga Ditutup. Desa Tunjungmuli dan Sekitar Tercukupi Air Bersih

Komandan Kodim 0702, Letkol Inf Yudhi Novrizal menutup Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan di Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol mulai tanggal 2-31 Oktober 2019, di Lapangan Desa Tunjungmuli, Kamis (31 Oktober 2019).

Baca Juga: TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap III 2019 Purbalingga Dimulai

Baca Juga: Kodim 0704 Banjarnegara Akan Bangun Jembatan Bailey di Mantrianom

Dalam sambutannya ia mengatakan, kegiatan TMMD ini pendekatannya adalah kita melihat apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Berkat TMMD ini 6 Desa yang utamanya Desa Tunjungmuli telah tercukupi air bersih. Telah selasai dibangun diantaranya berupa bak penangkap air, pembuatan bak pembagi, pemasangan pipa jarak 1200m dengan diameter 6 inch, dan pemasangan pipa 1500 m dengan diameter 4 inch telah selesai 100%. Hal tersebut disampaikan

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan Kodim 0702/Purbalingga Gelar Pendidikan Pembentukan Kader Bela Negara

“Atas aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta kebijakan stakeholder yang ada kita bangun fasilitas air dan pipanisasi yang juga menyediakan sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan oleh kurang lebih 6 desa. Selain sasaran fisik pokok ada juga sasaran fisik tambahan berupa pembangunan RTLH 2 unit, pemasangan pipa 126 m diameter 6 inch, pemasangan bronjong 60 lembar,” jelasnya.

Baca Juga: Korem 071/ Wijayakusuma Tangkal Penyebaran Berita Bohong di Media Sosial

Ia melanjutkan, selain itu terdapat juga sasaran non fisik berupa penyuluhan bidang mental ideologi, penyuluhan bidang kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan bidang kamtibmas, penyuluhan bidang kesejahteraan masyarakat, penyuluhan bidang pertanian.

Baca Juga: TMMD Reguler ke -101 Tahun 2018 Kodim 0702/ Purbalingga Digelontor Rp 1,073 Miliar

“Alhamdulillah kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2019 ini sudah selesai dengan hasil seluruhnya 100% baik sasaran fisik maupun non fisik. Itulah yang diharapkan pemerintah bahwa dari TMMD ini bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  Terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten, warga masyarakat, rekan-rekan forkopimda, unsur TNI, dan kepolisian,” katanya.

Baca Juga: Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman Pimpin Personel Polres Datangi Markas TNI di Purbalingga

Baca Juga: Satlantas Polres Brebes Beri Kado SIM Gratis Untuk TNI

Baca Juga: Prabowo Subiyanto Siap Jadi Menteri di Kabinet Jokowi

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab Purbalingga R Imam Wahyudi mewakili Bupati Purbalingga berharap hasil dari TMMD ini agar dikelola dan dirawat dengan baik, agar dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Pemkab berharap untuk pengelolaannya, karena biasanya untuk membangun mudah, tetapi untuk melestarikannya itu yang patut mendapatkan perhatian. Tadi saya sudah pesan ke pak camat dan pak kades untuk pengelolaan ke depan. Tadi ada kesepakatan akan dikelola oleh BUMDes bersama, sehingga kalau pengelolaan bagus, bisa berkembang lebih baik lagi,” kata Imam.

Ia melanjutkan, program TMMD bersifat bottom up, sebagai wujud aspirasi masyarakat yang kemudian diimplementasikan.

“Desa bisa mempunyai PDAM desa, ini saya pikir bisa memberikan kontribusi yang positif juga bagi desa. Di samping fungsi sosial untuk pemenuhan kebutuhan air, juga ada fungsi corporate nya, desa bisa menambah pendapatan asli desa,” jelasnya.

“Terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri sehingga warga masyarakat Desa Tunjungmuli bisa memanfaatkan sumber daya air yang dulu barangkali hanya untuk pemenuhan kebutuhan irigasi, sekarang bisa untuk pemenuhan kebutuhan yang lebih banyak lagi. Karena Desa Tunjungmuli dan sekitarnya adalah desa-desa yang rawan kekeringan terutama dirasakan saat musim kemarau panjang seperti saat ini,” kata Imam.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!