by

Tiwi-Dono Menang di Pilkada Purbalingga

-Politik, Update-dibaca 2.83Rb kali | Dibagikan 16 Kali

Pasangan Calon (Paslon) Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono (Tiwi-Dono) mengungguli perolehan suara Paslon Muhammad Sulhan Fauzi-Zaini Makarim Supriyatno (Oji-Jeni)  di Pilkada Purbalingga.

Dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga tingkat Kabupaten, di Aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Selasa (15 Desember 2020) diperoleh hasil Tiwi-Dono yang merupakan Paslon Nomor Urut 02 meraih 288.741 suara (54.74%).

“Sedangkan  Oji-Jeni yang merupakan Paslon Nomor Urut 01 meraih  238.735 suara (45,26%),” kata Ketua KPU Purbalingga Eko Setiawan.

Tiwi-Dono unggul dengan selisih 50.006 suara atau 9,48%. Dalam perinciannya Tiwi-Dono unggul di 16 dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga. Tiwi-Dono hanya kalah masing-masing di kecamatan Karangreja dan Purbalingga.

“Kami bersyukur rekapitulasi penghitungan suara hari ini berjalan lancar,” katanya.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Purbalingga, Bawaslu, saksi dari Paslon01 dan Paslon 02 serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) seluruh kecamatan. Saksi Paslon 01 Sukhedi menerima hasil rekapitulasi tersebut.

“Namun kami  menolak menandatangani berita acara. Pasalnya ada beberapa proses yang belum kami sepakati. Salah satunya laporan terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Bawaslu,” kata Sukhedi seperti dikutip dari laman wawasas.co

Sementara itu saksi dari Paslon 02 masing-masing Nurwasito SSi dan Teguh Purwanto menyampaikan pihaknya bersyukur atas hasil rekapitulasi tersebut. Dengan demikian pihaknya tinggal menunggu penetapan pemenang Pilkada oleh KPU Purbalingga. “Semoga semuanya berjalan lancar,” ungkapnya.

Anggota KPU Purbalingga Andri Supriyanto menyampaikan kendati saksi dari Paslon 01 tidak menandatangani berita acara, tidak mengurangi legitimasi. Hal itu mengacu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020 Pasal 30 ayat 5.

“Disana disebutkan bahwa ketika  ada saksi Paslon yang tidak menandatangani berita acara hasil perolehan suara,  maka cukup ditandatangani  oleh KPU dan saksi Paslon yang hadir,” paparnya.

Baca Juga:  Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar  Bambang Soesatyo: Kader Golkar Purbalingga Harus Bergerak Bersama Memenangkan Tiwi-Dono

Pilkada Purbalingga diikuti duas Paslon. Masing-masing Paslon Nomor 01 Muhammad Sulhan Fauzi-Zaini Makarim Supriyatno (Oji-Jeni) yang diusung koalisi PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Nasdem dan Partai Demokrat serta Paslon Nomor 02 Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono (Tiwi-Dono) yang diusung koalisi PDIP, Partai Golkar, PAN dan PKS. Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 746.041 orang. Jumlah suara sah 527.476 suara dan suara tidak sah 1724 suara.

 

Comment

Berita Lainnya