Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga Gelar Batik On The Street, Angkat Pesona Batik-Batik Khas Purbalingga

By: On: Dibaca: dibaca 15.85Rbx
Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga Gelar Batik On The Street, Angkat Pesona Batik-Batik Khas Purbalingga

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga, Erni Widyawati SSos menyakini, Purbalingga memiliki motif batik yang tidak dimiliki daerah lain, yakni motif Goa Lawa dan telah direkomendasikan sebagai batik lokal Purbalingga. Batik ini dilombakan dan ditampilkan secara terbuka di atas disaksikan masyarakat luas dalam bentuk Fashion Show.

“Tujuan Fashion Show Batik On The Street ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam merancang busana berbahan batik motif Goa Lawa baik paiakn formal maupun non formal. Selain itu untuk lebih megenalkan batik motif Goa Lawa ke masyarakat luas,” kata kepada cyber media lintas24.com dan tabloid elemen disela-sela acara Gebyar Batik Khas Purbalingga di kompleks Jalan Alun-alun Utara Purbalingga, Sabtu (12 Mei 2018).

Erni Tasdi menjelaskan, lomba Fashion Show Batik On The Street ini diikuti oleh 6 disainer masing-masing menampilkan 5 disain, 239 peserta dari  Tim Penggerak PKK Desa/kelurahan se-Purbalingga, fashion show siswa dan guru. Adapun juri dari lomba ini diantaranya dari kalangan TP PKK, guru tata busana SMKN 1 Bojongsari, Dinkop UMKM, praktisi fashion dan model.

“Motif batik yang digunakan dalam lomba ini diantaranya Eksotisme Goa Lawa, Mustika Goa Lawa Lawa Kembar, Kalong Megar, Kembang Lawa, dan Pesona Goa Lawa. Kategori disainer boleh bertemakan pesta, casual, festival. Sedangkan kategori TP PKK bebas, boleh kantor, pesta, gamis atau casual,” paparnya.

Untuk kategori untuk peserta terbaik wakil TP PKK, juara 1 TP PKK Desa Bedagas, juara 2 TP PKK Kelurahan Purbalingga Wetan, juara 3 TP PKK  Desa Cipawon, juara harapan 1 TP PKK Desa Grecol, juara harapan 2 TP PKK Desa Pagerandong dan juara harapan 3 TP PKK Desa Bojongsari.

Adapun para pemenang dalam perlombaan ini diantaranya, kategori disainer Juara 1 Siswati (Kaligondang) dari Sentra Batik Harty Batik, Juara 2 Enmiyarti (Limbasari) dari Sentra Batik Tulis Putri A, Juara 3 Lilis Kurnia W. (Mewek), Juara Harapan 1 Titin Wahyuningsih (Mangunegara) dari Sentra Batik Tien’s Batikdari Sentra Batik Cemanting Arts, Juara Harapan 2 Saeni (Penaruban) Sentra Batik Hatocha,  dan Juara Harapan 3 Miswanto dari Sentra Batik Rovidianur (Tumanggal). (mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!