Tiga Master Chef Kolaborasi di Palmia Roadshow Purwokerto

By: On: Dibaca: dibaca 105.97Rbx
Tiga Master Chef Kolaborasi di Palmia Roadshow Purwokerto

PURWOKERTO – Agenda tahunan demo masak PT Salim Ivomas Pratama (Palmia) Purwokerto, kembali digelar, Selasa (1/8) di Hotel Santika Purwokerto.

Kegiatan yang bertajuk Golden Time Celebration Palmia Roadshow Purwokerto ini mengundang Tiga Master Chef yang berkolaborasi membagikan ilmu tentang bakery. Mereka diantaranya Chef Lukman dari Palmia, Chef Armi dari Bogasari dan Chef Imam dari Prosperich.

Acara demo masak dihadiri `150 pelaku usaha roti, dari berbagai daerah Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen), ditambah lagi dari Tegal dan Wonosobo. Para chef dari tiga pabrikan bahan kue ini mempertunjukan 5 resep bakery diantaranya Banana Twist Pistachio, Banana Cream Mousse, Mixed Nut Cake, Choco Cookies, dan Cream Strawberry Chese Tart

Adapun dalam proses demo masak, audience diberi tips dan trik untuk memperoleh hasil kue yang maksimal. Misalnya pemilihan tepung terigu yang tepat berdasarkan kadar protein, pembuatan biang adonan agar kue yang dihasilkan sangat lembut, cara memilih emulsifier, penggunaan margarine butter untuk menekan biaya produksi, serta memperkenalkan bahan pengisi roti dengan sweet filling berbasis minyak.

Ketua Panitia Penyelenggara Palmia Roadshow Purwokerto 2017, Agus Setyoko menuturkan, pihaknya sengaja mengundang pelaku usaha mulai dari UMKM hingga skala indsutri ini agar semakin menggeliatkan gairah usaha mereka.

“Lebih utamanya kami ingin meningkatkan pangsa pasar para pelaku usaha kue atau roti di wilayah Barlingmascakeb dan sekitarnya,” katanya.

Melalui acara demo masak yang interaktif ini, audience juga dibebaskan untuk bertanya-tanya kepada master chef agar memperoleh kiat-kiat atau informasi yang jelas. Harapannya agar para pelaku usaha ini, bisa mengaplikasikannya dan meng-upgrade produk mereka menjadi lebih berkualitas.

“Dengan kualitas yang lebih baik, lebih enak, maka mereka bisa meningkatkan harga jual yang lebih tinggi dan berkelas,” ujarnya.

Selama tahun 2017, kegiatan Palmia Roadshow di Purwokerto ini merupakan titik yang ke 33 dari kegiatan yang sama di Indonesia. Setiap tahun memiliki tema yang berbeda-beda, pada tahun sebelumnya pernah bertemakan Jajanan Pasar dan Asian Delight. Dalam penyelenggaraan acara ini, Palmia juga menggandeng berbagai pihak seperti Bogasari selaku produsen terigu, Prosperich produsen selai dan pengisi kue, Qmax produsen mesin dan alat pembuatan kue serta Toko Intisari Purwokerto.

Salah satu audience, Julia selaku owner Quick Bakery, Kutoarjo mengaku telah mengikuti acara Palmia Roadshow ini selama 20 tahun dan tidak pernah absen. “Saya ikuti terus karena selalu tertarik mendapatkan ilmu baru, inovatif dan terus mengikuti perkembangan zaman,” ungkapnya.

Sementara itu Marno Sambardi, sebagai pelaku usaha makanan siap saji dari Kalikajar, Purbalingga mengaku baru pertama kali mengikuti acara demo masak ini. Menurutnya pengetahuan yang ia dapat dari acara ini cukup bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas produknya.

“Kebetulan juga saya memproduksi makanan siap saji seperti Burger, dengan acara ini jelas memberi wawasan dunia baru bagi saya tentang roti yang lebih menantang dan banyak variasinya,” katanya.(ganda kurniawan)

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!