by

Terobosan Berkilau Panitia PPDB Online SMP Negeri 2 Purbalingga. Siapkan Grup WA Untuk Bantu Calon Siswa

-Opini, Update-dibaca 8.86Rb kali | Dibagikan 88 Kali

Kesiapan masyarakat, khususnya orang tua orang tua calon peserta didik dalam menghadapi pendaftaran  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online belum maksimal. Padahal, PPDB tahun 2020 untuk jenjang SMP Negeri di Purbalingga dilakukan sepenuhnya via internet atau dalam jaringan (daring).

Baca Juga: Ini Tata Cara Mengikuti PPDB Online Jenjang SMP Negeri di Purbalingga

Banyak orang tua berbondong-bondong mendatangi sekolah karena bingung dan panik ketika mendaftarkan anaknya dalam menjadi pemandangan yang unik. Walaupun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga memberikan kewenangan sekolah membantu pendaftar PPDB jika terdapat kesulitan. Dengan kata lain, tidak mutlak harus dilakukan di rumah via internet.

Baca Juga: Zonasi PPDB Berubah.  Mendikbud Nadiem Makarim: 30 Persen untuk Siswa Berprestasi

Baca Juga: PPDB SMP Purbalingga Siap Digelar. Jalur Zonasi Melihat Jarak Titik Koordinat

Rasa bingung menjadi permasalahan yang paling menonjol. Di antaranya ada yang datang bingung tidak bisa menginput data PPDB secara daring, adapula karena tak punya akses internet. Namun ada juga yang datang karena bingung dengan mekanisme PPDB daring. Ini terjadi di mana-mana.

Heru Prayitno, Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru Online SMP Negeri 2 Purbalingga Tahun 2020

Jauh sebelum pelaksanaan PPDB online dimulai, seluruh sekolah berupaya untuk mengantisipasinya. Sekolah yang sudah “kuda-kuda” mempersiapkan terobosan untuk membantu memudahkan para orang tua orang tua calon peserta didik menjadi “lihai” memainkan jari tangan di gadget mereka.

Baca Juga: Dinas Pendidikan DKI  Rampungkan Empat Tahapan Seleksi PPDB 2020

Baca Juga: 13.834 SKD Digunakan Pendaftar dalam PPDB di Jateng

Seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Purbalingga, panitia PPDB menyebarkan formulir peminatan calon siswa SMP Negeri 2 Purbalingga 2020/2021melalui akun media sosial di Facebooknya.

Panitia menulis, Senin (18 Mei 2020), Hallo anak-anak Siswa kelas VI SD/MI. Kondisi pandemi COVID-19 belum berakhir.

Baca Juga: Pendaftaran PPDB SMP Online 2020 di Purbalingga Untuk Siswa MI Lebih Lama

Baca Juga: PPDB Online SMP di Cilacap Sudah Dimulai. Calon Siswa Disediakan 3 Pilihan Sekolah dan  4 Jalur

Berdasarkan Permendikbud No. 44 tahun 2019  tentang penerimaan peserta didik baru dan Surat Edaran No.4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat serta sambil menunggu Petunjuk Teknis  tentang PPDB Kabupaten Purbalingga; maka kami panitia PPDB ingin menggali informasi  siswa kelas VI SD/MI yang memiliki minat melanjutkan ke  SMP Negeri 2 Purbalingga.

Baca Juga: Empat Jalur PPDB Online jenjang SMA dan SMK Negeri di Jawa Tengah Telah Dibuka

Silahkan mengisi link formulir di bawah ini dengan lengkap dan jujur. Termasuk kalian yang tinggal di luar Kecamatan Purbalingga. Jangan khawatir, data kalian akan aman. Dan akan kami tindaklanjuti, jika pada saatnya kalian benar-benar mendaftar di SMP Negeri 2 Purbalingga.

Formulir ini BUKAN merupakan pendaftaran PPDB. Pendaftaran masuk SMP akan dibuka mulai tanggal 1 Juli 2020. Kami tunggu sampai akhir bulan Juni 2020. Silahkan klik : https://bit.ly/Formulir_Peminatan_SMP_Negeri_2_Purbalingga_2020. Selamat mengisi.

“Sebelum PPDB online yang resmi dimulai, kami tutup pengisian formulir peminatan ini, karena sudah terlalu banyak itu peminatnya. Tercatat, sebanyak 437 orang tua calon peserta didik mengisi formulir peminatan untuk bersekolah di SMP Negeri 2 Purbalingga,” ungkap Kepala PPDB SMP Negeri 2 Purbalingga, Heru Prayitno.

Baca Juga: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo: Harus Jujur Isi Data PPDB SMA/SMK Jateng, Jika Tak Jujur  Bisa Dicoret

Selanjutnya, panitia mengumpulkannya dalam satu grup WhatsApp (WA). Awalnya, grup ini dibuat dua arah. Artinya, arus informasi dapat dilakukan oleh panitia dan orang tua calon peserta didik. Namun, karena padatnya pertanyaan dari orang tua calon peserta didik, maka dijadikan satu arah.

Baca Juga: Website Error di Hari Pertama PPDB Jenjang SMA dan SMK Jawa Tengah

Semua informasi hanya bisa disampaikan oleh panitia PPDB. Seandainya ada pertanyaan, orang tua calon peserta didik dapat bertanya di japri admin. Tujuannya agar konstruksi informasi dapat dengan mudah dipahami. Grup ini sangat efektif,  panitia PPDB juga menyampaikan tata cara mendaftar. Kesulitan orang tua calon peserta didik terbantu.

Baca Juga: PPDB Jenjang SMP Negeri di Purbalingga Tetap Secara Online. Dibuka 29 Juni Hingga 3 Juli 2020.

Mengapa kemudian timbul grup WA ini, karena dari analisa panitia PPDB, pasti akan terjadi kebingungan para orang tua calon peserta didik. Insting panitia ternyata terbukti.

“Grup WA ini tambah riuh, ketika Dindikbud meluncurkan simulasi pendaftaran PPDB online melalui website purbalinggakab.id  pada tanggal 6-25 Juni 2020. Utamanya yang kesulitan akses internet dan kesulitan dalam memasukan input dokumen persyaratan PPDB sesuai jalur yang dipilih,” kata Heru.

Baca Juga: Peserta Didik Baru Jenjang SMP di Purbalingga yang Diterima Tidak Ditarik Biaya Saat Daftar Ulang

Pelaksanaan simulasi pendaftaran PPDB selesai, ratusan orang tua calon peserta didik masih bertahan di grup WA. Tanggal 29 Juni 2020 hingga 04 Juli 2020 dilaksanakan pendaftaran PPDB online yang sebenarnya.

Baca Juga: Tahun Ini, Nilai Rapor Digunakan Mendaftar SMA/SMK di Jateng

Bermodal infromasi dan pengalaman praktik yang diperoleh dari grup WA, para orang tua calon peserta didik berlomba untuk mendaftarkan. Sembilan menit pertama sejak website purbalinggakab.id  diaktifkan pada pukul 07.00 Wib, sebanyak 39 calon peserta didik dengan pilihan satu, yakni SMP Negeri 2 Purbalingga berhasil mendaftar online dari rumah.

“Rerata orang tua calon peserta didik yang berada di grup WA kami telah berhasil mendaftar. Ada yang japri kepada kami dan memberikan mention icon tepuk tangan dengan imbuhan ucapan terima kasih. Ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk kami,” tutur Heru

Baca Juga: Hari Pertama Pendaftaran PPDB SMP Online Tahun 2020 di Kabupaten Purbalingga Lancar

Banyak kesan dan kenangan tersendiri bagi panitia PPDB. Ini menjadi kebanggaan bagi. Banyak orang tua yang anaknya tidak memilih SMP Negeri 2 menjadi pilihan pertama menyampaikan terima kasih ketika pamit keluar dari grup WA. Demikian juga para orang tua yang anaknya tidak diterima bersekolah di SMP Negeri 2 Purbalingga.

“Aduh, kami disini trenyuh dan bangga sekali. Terbayarkan sudah, kerja keras kami untuk menuntun calon peserta didik dapat sukses mendaftar online,” ungkapnya.

Heru memastikan, model pengumpulan orang tua calon peserta didik dalam grup WA akan berlanjut. Namun, bukan bernama grup orang tua calon peserta didik. Nantinya, 256 nomer WA orang calon peserta didik yang resmi menjadi peserta didik SMP Negeri 2 Purbalingga akan terdistribusi ke grup WA masig-masing kelas.

“Nantinya, grup WA ini akan berakhir ketika tahun pelajaran 2020/2021 dimulai. Tugas kami menjadi panitia PPDB telah selesai. Kebijakan selanjutnya menantyi petunjuk Kepala Sekolah. Atas nama panitia PPDB, kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para orang tua yang mempercayakan putra-putrinya di SMP Negeri 2 Purbalingga,” tuturnya

 

 

 

Comment

Berita Lainnya