Tercabut Dari Tanah, Pohon Beringin di Banjarnegara Memakan Korban

By: On: Dibaca: dibaca 24.53Rbx
Tercabut Dari Tanah, Pohon Beringin di Banjarnegara Memakan Korban

 

Satu pohon beringin yang berada di tengah Alun-alun Banjarnegara Jawa Tengah tercabut dari tanah Rabu (8 November 2017) siang.Tumbangnya pohon berusia ratusan tahun akibat angin kencang dan hujan deras sekitar pukul 12.30 WIB.

Pohon beringin itu menimpa sejumlah orang yang tengah berteduh. Akibatnya, satu orang meninggal. Enam orang luka berat, korban selamat terjepit dahan pohon yang sangat rimbun. Petugas menurunkan alat berat karena batang pohon beringin berukuran sangat besar.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia menuturkan, Polres Banjarnegara mencatat, identitas korban meninggal bernama Riska Wardana (16) alamat Desa Tribuana Rt 5 RW 2, Punggelan, Banjarnegara. Riska merupakan siswa SMA 1 Bawang, kemudian enam korban yang selamat dan luka berat masih dirawat di RSUD Banjarnegara Badari (80), warga Desa Gemuruh, Bawang, Banjarnegara, Eko Setiyo (30), warga Desa Kecepit RT 7 RW 3, Punggelan, Banjarnegara, Andri Prasongko (20), warga Desa Tribuana RT 2 RW 1, Punggelan, Banjarnegara, Tomi (16), warga Desa Tribuana, RT 7 RW 1, Punggelan, Banjarnegara,  Eka (28), warga Desa Tribuana, Punggelan, Banjarnegara dan Edi Tri Tulisno (25), warga Desa Tribuana, RT 2 RW 1, Punggelan, Banjarnegara. (rawat jalan).

“Satu orang korban meninggal dunia, Lima orang korban masih dirawat di RSUD Banjarnegara. Satu orang sudah boleh pulang,” kata AKBP Nona Pricillia kepada lintas24.com disela-sela evakuasi korban.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arif Rachman, dalam laporannya, menambahkan, sebelum kejadian kawasan alun-alun ramai. Pasalnya hari itu dilaksanakan pertandingan bola volley dalam rangkaian HUT PGRI.

“Setelah itu hujan dan angin datang bersamaan. Warga lalu ada yang berteduh di bawah pohon beringin,” ungkapnya.

Namun karena diterjang hujan dan angin, pohon beringin tumbang ke arah barat. Warga yang berada dibawah pohon ada yang tertimpa. Diungkapkan, Tim BPBD bersama SAR langsung diturunkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Kami juga mendatangkan alat berat untuk menyingkirkan pohon yang tumbang. Selain itu kami juga berupaya melakukan evakuasi terhadap warga yang diperkirakan tertimpa pohon,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, tim SAR dan pihak terkait masih melakukan evakuasi. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono langsung memimpin evakuasi.  Ratusan warga juga berdatangan ke lokasi robohnya beringin.(dian mulyawati)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!