Menu
Media Online Terpercaya

Terbang Lewat Bandara JB Soedirman Purbalingga. Penumpang Wajib Rapid Test Antigen 

  • Share
Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga
Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga

Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga akan segera menyediakan layanan rapid test antigen untuk persyaratan penerbangan.

Sehingga calon penumpang pesawat dapat lebih mudah dalam melakukan tes. Layanan ini bertujuan untuk menjaga konektivitas penerbangan di Purbalingga, Jawa Tengah.

“Penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 menjadi prioritas guna memberikan rasa aman dan nyaman penumpang pesawat,” kata Executive General Manager Bandara JB Soedirman Catur Sudarmono

Ia menjelaskan, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 62/2021, untuk penerbangan antar bandara di Jawa – Bali, penumpang pesawat harus sudah divaksin dosis kedua

“Dan wajib menunjukkan hasil tes rapid test antigen sebagai syarat penerbangan,” katanya.

Konektivitas

Ia menambahkan, Bandara JB Soedirman merupakan bandara yang memiliki tugas untuk memperluas konektivitas penerbangan di Jawa Tengah bagian Selatan. Diantaranya membuka akses penerbangan di Purbalingga dan kota-kota sekitarnya seperti Banjarnegara, Banyumas, Cilacap, Kebumen dan Keresidenan Banyumas.

“Rute penerbangan di Jawa banyak dilakukan melalui bagian Utara. Dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman maka trafik penerbangan di bagian Selatan akan meningkat sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah ini,” ujar Catur Sudarmono.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa pasar penerbangan di Purbalingga adalah warga asli Purbalingga yang merantau atau bekerja di kota-kota lainnya. Di samping itu, Bandara JB Soedirman tentunya juga mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Purbalingga dan kota-kota sekitarnya.

Trafik di bandara ini biasanya cukup tinggi pada akhir pekan didominasi oleh warga yang pulang ke Purbalingga dan kota sekitar setelah sepekan bekerja di luar kota. Biasanya mereka butuh waktu berjam-jam jika melalui darat

“Kini dengan adanya bandara hanya cukup kurang dari sekitar 1 jam penerbangan. Bandara ini sudah ditunggu kehadirannya oleh masyarakat dari 15 tahun silam,” ungkap Catur Sudarmono.

Station Manager Citilink Purbalingga Muhamad Mulyanudin menuturkan dalam melayani penerbangan Jakarta – Purbalingga – Surabaya dan sebaliknya, Citilink menggunakan pesawat turbo propeller ATR 72-600 berkapasitas sekitar 72 kursi penumpang.

Citilink telah mendapat slot penerbangan pada Kamis dan Sabtu untuk mengoperasikan rute Jakarta – Purbalingga – Surabaya dan sebaliknya.

“Sejak pertama kali akses penerbangan dibuka pada Juni, trafik penerbangan di Purbalingga semakin tumbuh hingga kini,” ujar Muhamad Mulyanudin.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *