Telan APBD Rp 400 Juta, Masjid Tua Sayid Kuning  di Desa Onje Direhab

By: On: Dibaca: 136,574x
Telan APBD Rp 400 Juta, Masjid Tua Sayid Kuning  di Desa Onje Direhab

masjid onje

Masjid Sayid Kuning  di Desa Onje Kecamatan Mrebet Purbalingga yang masuk salah satu benda cagar budaya mulai direhab. Pengerjaan awal masjid tertua dengan tiang penyangga mirip yang di Masjid Demak ini dilaksanakan Jumat (29 Juli 2016).

Kepala DPU Purbalingga Ir Sigit Subroto MT yang juga Ketua Komunitas Pecinta Seni Budaya Purbalingga ini mengatakan, program ini merupakan pekerjaan pembangunan serambi masjid. Total anggaran yaitu Rp 400 juta dari APBD Purbalingga.

“Sudah terlelang sekitar dua minggu yang lalu. Namun kami menghormati kearifan lokal masyarakat Desa Onje,” kata Sigit.

Kepala Desa Onje, Budi Tri Wibowo mengatakan, selain mengalami perbaikan bangunan utama, masjid ini juga bakal memiliki bangunan baru di area yang saat ini menjadi halaman masjid. DPU Purbalingga menganggarkan dana hingga Rp 400 juta.

Masyarakat juga telah melakukan tahlilan bersama selama tiga hari berturut- turut. Semua demi kelancaran pelaksanaan, meski sampai saat ini tidak ada kendala samasekali.

Selama ini Masjid Sayid Kuning menjadi pusat kegiatan keagamaan penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage). Lebih lanjut dikatakan, sebenarnya anggaran yang digunakan sudah dipasang di APBD tahun lalu. Namun karena masuk dalam APBD Perubahan, tidak ada waktu yang mencukupi. Sehingga baru direalisasikan saat ini.

“Salah satu pertimbangan rehab karena jumlah jamaah semakin banyak. Apalagi ketika hari-hari besar keagamaan berlangsung. Hingga sampai halaman masjid penuh,” imbuhnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!