Telaga Kanding Somagede Siap Jadi Destinasi Wisata yang Mengagumkan

By: On: Dibaca: dibaca 202.82Rbx
Telaga Kanding Somagede Siap Jadi Destinasi Wisata yang Mengagumkan

Pemerintah Desa Kanding, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas bersiap untuk mengembangkan telaga menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan kunjungan wisatawan. Lokasi telaga bersebelahan dengan Sungai Serayu. Ketika kemarau, debit air telaga tidak pernah habis. Debit air hanya berkurang. Sehingga, ketika menjadi destinasi wisata tidak khawatir terkendala air.

Kepala Desa Kanding, Awal Nur Handoko menuturkan, selama ini, telaga di Desa Kanding sudah menjadi tempat favorit bagi mancing mania dari berbagai daerah. Telaga menjadi habitat beberapa jenis ikan air tawar. Diantaranya adalah mujaer. Telaga yang sudah cukup terkenal di kalangan pemancing menjadi salah satu pertimbangan untuk membangun lokasi. Tidak hanya sebagai wahana pemancingan. Juga sebagai tempat rekreasi keluarga.

“Akses menuju telaga sudah dibangun oleh TMMD Sengkuyung. Jadi, ada jalan lingkarnya. Pemerintah Desa menargetkan dalam waktu enam tahun mendatang, ada pembangunan di telaga. Sehingga dapat menjadi tempat wisata baru sebagai alternatif masyarakat,” tutur Koko.

Ia menambahkan, telaga tidak banjir ketika musim penghujan. Oleh karena itu, dapat menjadi tujuan wisata sepanjang tahun. Dengan adanya tuntutan kemandirian desa dari pemerintah pusat. Desa sudah haru melangkah menentukan potensi yang dikembangkan.

“Permasalahannya, tidak mudah bagi pemerintah desa untuk mempersiapkan menjadi desa mandiri. Terlebih anggaran yang tersedia harus dialokasikan ke berbagai bidang pembangunan. Sehingga, pengembangan potensi membutuhkan waktu secara bertahap,” tuturnya.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!