TBM Limbah Pustaka Juara 2 GRCC 2018

By: On: Dibaca: 48,900x
TBM Limbah Pustaka Juara 2 GRCC 2018

 

Taman Baca Masyarakat (TBM) Limbah Pustaka, Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon kembali menorehkan prestasi di bidang literasi. Kali ini Limbah Pustaka berhasil masuk 20 pemenang Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018 dan menyabet juara dua kompetisi tersebut pada regional Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Setiap pemenang GRCC ini masing-masing mendapatan hadiah berupa uang pembinaan, bantuan buku selama satu tahun ke depan dan kesempatan berkolaborasi bersama Gramedia dalamacara bertajuk literasi,” kata Pegiat Limbah Pustaka, Desa Muntang, Roro Hendarti saat dihubungi, Minggu (30/9).

Jawara GRCC 2018 pada regional Jawa Tengah dan DIY yakni Juara I diraih TBM Wadas Kelir Purwokerto, TBM Limbah Pustaka juara II, Juara II dienangka TBM Kuncup Mekar Gunung Kidul dan Harapan satu diraih TBM Sakila Karti, Tegal. Tahun ini, ada sebanyak 987 taman baca yang mengikuti GRCC 2018 dan terpilih 20 taman baca terbaik yang terbagi dalam lima wilayah regional.

“Ada lima regional yang ikut acara ini yang meliputi Regional Sumatera, Regional Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, Reginal Jawa Tengah dan DIY, Regional Jawa Timur, Bali, NTB dan Kalimantan, serta Regional NTT, Sulawesi dan Indonesia Timur,” terangnya.

Atas prestasi yang berhasil diraih, Limbah Pustaka menerima penghagaan dari PT Gramedia Asri Media pada acara Awarding GRCC 2018 and Launching literasinusantara.com di Grand Rafflesia Ballroom, Balai Kartini Jakarta pada Jumat (28/9). GRCC sendiri merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh PT Gramedia Asri Media untuk komunitas, gerakan dalam masyarakat atau individu yang membuat dan memiliki taman bacaan.

“Kriteria penilaian yang ditentukan dilihat berdasarkan materi presentasi yang sudah di buat sebelumnya, penilaian juga dilihat dari tiga poin meliputi konsistensi, kreatifitas dan manfaat bagi masyarakat,” jelas Roro Hendarti.

Selain mengacu dari poin yang ditentukan utuk penilaian, dewan juri GRCC 2018 juga mengumpulkan informasi dari berbagai sumber sebagai bahan pertimbangan. Dewan juri yan terlibat dalam penentuan pemenang GRCC 2018  berasal dari berbagai bidang antara lain dari unsur pemerintahan, media, forum TBM dan perwakilan dari korporasi Kompas Gramedia.

Prestasi yang kembali disabet Limbah Pustaka Desa muntang di bidang literasi tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi Limbah Pustaka untuk tetap menuarkan virus-virus literasi kepada masyarakat. Ia berharap ke depan Limbah Pustaka dapat mewujudkan minat baca masyarakat yang baik dengan dukungan dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah, semoga apa yang didapatkan ini bisa menjadi motivasi bagi Limbah Pustaka untuk terus menyebarkan virus literasi kepada masyarakat” ujar Roro Hendarti.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!