Indonesia dan Vietnam Satu Visi Jaga Kawasan Maritim

By: On: Dibaca: 108,187x
Indonesia dan Vietnam Satu Visi Jaga Kawasan Maritim

TNI AL

TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Vietnam satu visi mengembangkan ekonomi kemaritiman di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Panglim Amada R kawasan Barat  (Pangarmabar) Laksda TNI A Taufiq R dengan Kepala Delegasi Institut Strategi Pertahanan Vietnam, Letjen Nguyen Duc Ha di Mako Armabar, Jakarta, Senin (9/11).

Indonesia dan Vietnam memiliki banyak kesamaan dalam bidang kemaritiman. Keduanya dikenal sebagai negara kemaritiman yang memiliki sumber daya kelautan melimpah.

Karena itu, ditegaskan Pangarmabar, kedua negara merasa perlu melakukan kerja sama yang kuat dalam menjaga keamanan maritim, baik di perairan negara sendiri maupun di kawasan Asia Tenggara.

“Saat ini perkembangan lingkungan keamanan sangat komleks dan kerja sama merupakan salah satu kunci,” ujar Pangarmabar.

Kerja sama bilateral dan multilateral adalah suatu upaya untuk menjamin stabilitas keamanan regional.

Koarmabar yang merupakan bagian dari TNI AL bertugas menjaga perairan, berkomitmen untuk menjamin keselamatan dan keamanan perairan wilayah barat Indonesia.

Komitmen tersebut ditunjukkan Koarmabar dengan membangun suatu sistem dalam menghadapi aksi-aksi kriminal di Selat Malaka dan Selat Singapura yakni dengan membentuk Western Fleet Quick Response (WFQR).

Sistem ini berjalan sangat efektif dalam menegakkan hukum di laut, sebagai contoh WFQR mampu menemukan lokasi Kapal Tanker Malysia MT. Orchim Harmoni yang dibajak pada bulan Juni 2015. Dari perkembangan kasus ini, WFQR juga telah merancang dalam penangkapan otak pelaku pembajakan tersebut.

Dalam kesempatan ini Pangarmabar juga menyampaiakan bahwa TNI AL akan melaksanakan Naval Multilateral Exercise Komodo yang Kedua di Padang dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Sejak pelaksanaan IPC di Jakarta, lebih dari 20 Angkatan Laut turut berpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Pangarmabar merasa senang bahwa Angkatan Laut Vietnam juga terlibat dalam kegiatan tersebut bahkan berpartisipasi aktif pada Komodao Exercise Tahun 2014.

Selanjutnya Pangarmabar mengharapkan dukungan dan partisipasi Vietnam dalam latihan tersebut dengan fokus pada operasi perdamaian laut. Adapun tema latihan tersebut adalah “Kesiapan dan Kerjasama Untuk Perdamaian (Readiness And Cooperation For Peace)”.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!