Tanti, Wanita Tangguh Asal Purbalingga, 28 Tahun Membuat Mie Ganyong

By: On: Dibaca: 22,696x
Tanti, Wanita Tangguh Asal Purbalingga, 28 Tahun Membuat Mie Ganyong

 

Tanaman ganyong awalnya berasal dari daerah Amerika Selatan, namun sudah lama akrab di antara masyarakat Indonesia, khsusunya para petani.Istilah di mancanegara untuk menyebut ganyong adalah dengan sebutan Queensland Arrowroot.

Ganyong merupakan jenis tanaman umbi-umbian, atau yang banyak dimanfaatkan rimpangnya untuk dikonsumsi. Ditangan Tanti (54) warga Dusun Pelemahan Lor RT 04 RW 02, Desa Majasari, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, ganyong diolah menjadi makanan mie ganyong yang menggoda selera.

Membuat mie ganyong membutuhkan kesabaran dan keuletan agar hasil yang didapat enak dan berkualitas. Harus memilih  pohon gayong yang baik, besar dan bersih agar saat diparut menghasilkan sari tepung yang banyak.

“Proses pembuatan mie ganyong masih menggunakan cara tradisional. Pohon ganyong diparut dan diperas. Sari pati gayong akan dijadikan tepung dan tepung ini yang nantinya akan diproses menjadi Mie Ganyong. Ada Beberapa tahapan dalam proses pembuatannya,”ungkap Tanti yang telah 28 tahun meneruskan pekerjaan turun temurun dari neneknya

Proses awal membuat mie ganyong yakni dengan mencampurkan tepung  ganyong  dengan air dingin. Secara bersamaan siapkan juga panci berisi air dan direbus diatas pawon tanah (tungku_red). Masukan campuran air dingin dan tepung ganyong kedalam panci yang sudah berisi air mendidih, aduk sampai rata dan tambahkan sedikit minyak sayur.

Setelah adonan matang lalu angkat, hingga adonan itu terasa hangat, kemudian siapkan beberapa daun pisang yang sudah disobek menjadi beberapa lembar. Langkah selanjutnya, tuangkan adonan diatas daun pisang dan dijemur selama satu hari dibawah terik matahari.

“Kalau trik matahari menyengat. Cukup dijemur sehari saja. Setelah Mengering baru diangkat dan didiamkan hingga bisa dilepas adonan itu dari daun pisang yang mengering dan kemudian baru dipotong-potong menjadi bentuk menjadi mie,”ungkapnya.

Anda penasaran ingin menikmati hangatnya kuliner mie ganyong, silahkan berkunjung ke warga Dusun Pelemahan Lor RT 04 RW 02, Desa Majasari, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. (yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!