by

Tanalum “Desa Seribu Curug”, Maju Wakili Purbalingga Di Festival Desa Wisata Jateng

-Bisnis, Update, Wisata-dibaca 25.07Rb kali | Dibagikan 62 Kali

Desa Tanalum yang mendapat julukan Desa ‘Seribu Curug’ terpilih mewakili Purbalingga, di Festival Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng) yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah. Jumat – Minggu (19-21 Juli 2019).

Desa Tanalum, Kecamatan Rembang terpilih setelah menyisihkan desa-desa wisata yang berada di Kabupaten Purbalingga. Dipilihnya Desa Tanalum untuk mewakili Purbalingga, karena pengelola desa wisata ini semangat dan konsisten untuk terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan kepada wisatawan. Kunjungan wisatawan ke desa Tanalum terus meningkat, hal ini tentunya juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakatnya.

“Kami memilih Desa Tanalum setelah melakukan seleksi dari beberapa desa wisata di Purbalingga, dan desa berlabel ‘Seribu Curug’ ini ternyata memenuhi kriteria untuk mengikuti festival desa wisata,” tutur, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si kepada cyber media lintas24.com

Ia menjelaskan, festival desa wisata merupkan ajang adu ide, gagasan dan inovasi dalam pengembangan dan pengelolaan desa wisata. Setiap peserta yang hadir dan pengunjung dari desa wisata lain bisa saling belajar.

“Mereka bisa mengamati, meniru, kemudian memodifikasi sebuah gagasan bagi wilayah mereka,” kata Prayitno

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Argo Lestari Desa Tanalum, M Fatah mengatakan, pada festival desa wisata kali ini pihaknya bersama pengelola desa wisata Tanalum menyuguhkan atraksi seni Babad tanalum dengan iringan calung,  cinderamata desa wisata berupa hasil hutan, obat dan serbuk minuman herbal, kuliner dan produk khas desa lainnya. Selain itu, dia juga memamerkan foto dan video potensi desa.

“Juga dipamerkan berbagai daya tarik wisata serta paket wisata antara lain Curug Gogor, Curug Nagasari, Curug Aul, Curug Krang, paket wisata rappeling, canyoning, outbound dan trekking,” katanya

 

 

Comment

Berita Lainnya