Tanah Bergerak, Dua Rumah Rusak

By: On: Dibaca: dibaca 97.13Rbx
Tanah Bergerak, Dua Rumah Rusak

ilustrasi_rawan longsor

REMBANG – Bencana tanah bergerak terjadi di RT 5 RW 2 Dukuh Karangnangka, Desa Gunung Wuled, Kecamatan Rembang, Kamis (19/11) kira-kira pukul 23.30. Dua rumah milik warga rusak, satu roboh, satu rusak parah.

Rumah rusak parah milik Ruswanto (46), kondisinya roboh rata dengan tanah. Sedangkan rumah rusak parah milik Samari (60), ayah Ruswanto, tembok rumah retak-retak.

Camat Rembang, Suwarto, Jumat (20/11) mengatakan, sebelum kejadian, di wilayah Desa Gunung Wuled turun hujan deras kira-kiara sejak pukul 15.00-21.00. Dua setengah jam kemudian, tiba-tiba tanah di sekitar rumah Ruswanto bergerak.

“Saat itu pemilik rumah yang masih terjaga segera membangunkan keluarganya dan berlari ke tempat yang aman. Rumahnya lalu ambruk. Sementara itu, rumah milik ayahnya,  juga rusak parah akibat tanah bergerak itu,” katanya.

Kepala Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko mengatakan, pihaknya sudah mengecek ke lokasi kejadian. Menurutnya, kondisi tanah di lokasi kejadian memang labil sehingga rawan pergeseran tanah. Terlebih lagi sekitar lokasi merupakan pegunungan.

“Kami sudah menginventaris kerugian yang dialami korban. Sementara kami memberikan bantuan berupa makanan siap saji untuk korban dan sedikit bahan material,” katanya.

Saat ini, masyarakat bersama TNI dan Polri melalukan kerja bakti untuk menyingkirkan material reruntuhan. Sedangkan keluarga korban untuk sementara tinggal di rumah saudaranya yang lebih aman.

“Inginnya si pindah dimana saja tidak apa-apa. Dari pada rumah dibangun lagi di sini malah berbahaya, bisa ambruk lagi,” kata istri korban, Sulasih

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!