Menu
Media Online Terpercaya

Tanah Bergerak di Desa Arenan Kaligondang Purbalingga, Sepuluh Rumah Terancam

  • Share

Bencana alam tanah bergerak terjadi di Dusun Guntur, RT 03 RW 05 Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Tanah gerak ini disebabkan hujan deras yang mengguyur Purbalingga sejak Sabtu (12 Desember 2020) hingga Minggu (13 Desember 2020).

Data dari Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga menyebutkan, tanah gerak ini terjadi Minggu dini hari  (13 Desember 2020) sekira pukul 00.00 WIB. Bencana alam ini menyebabkan, tanah amblas sekira 100 centimeter hingga 150 centimeter dan  dua rumah berat, dua rumah retak dibagian dapur

“Tanah gerak ini disebabkan oleh hujan deras. Tanah kebun amblas sekira 100 centimeter hingga 150 centimeter meter. Ada 10 rumah yang terancam.Warga tiga rumah sudah mengungsi di tempat saudara. Kerugian belum bisa ditaksir.,” ungkap Andalan Cabang Urusan (Ancu) Bidang Keuangan, Usaha dan Sarana Prasara Kwarcab Purbalingga, Edi Susanto dalam keterangan resminya, Minggu Minggu (13 Desember 2020).

Edi menambahkan, untuk jalan umum yang menghubungkan  Dusun Guntur ke Balai Desa Arenan terputus karena amblas 150 centimeter. Bencana ini masih berpotensi bertambah jika hujan kembali mengguyur.

“Tanah sudah retak dan masih bergerak. Seyogyanya masyarakat untuk mengungsi ke tempat yang aman,” katanya

Saat ini sudah terjalin koordinasi kebencanaan dari unsur Pemerintah Desa Arenan, Pemerintah Kecamatan Kaligondang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama relawan dan Babinsa serta Babinkamtibmas

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *