by

Syafii Efendi Targetkan 10 Ribu Pengusaha Muda

-Inspirasi, Update-dibaca 69.92Rb kali | Dibagikan 75 Kali

Motivator muda Indonesia Syafii Efendi (27) mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk berani mendobrak paradigma lama bahwa setelah lulus sekolah maupun kuliah, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Memasuki revolusi industri 4.0, anak muda harus terus diberi motivasi dan langkah kongkret, untuk berani berusaha di bidang apapun. Ditargetkan, hingga akhir tahun 2020, ada 10 ribu pengusaha dari kalangan anak-anak muda se Indonesia.

“Kami keliling Indonesia melakukan roadshow seperti ini, untuk memotivasi dan memberikan gambaran nyata kepada anak-anak muda, bahwa hidup sukses menjadi pengusaha adalah hak setiap manusia, termasuk anak-anak muda. Jangan bermimpi jadi PNS, tetapi bermimpilah jadi pengusaha,”  ujar Syafii Efendi pada Seminar Motivasi Nasional “Beasiswa  dan Entrepreneurship di Era Millenial” di Gedung Graha Sarwa Guna Purbalingga, Minggu (25 Agustus 2019).

Seminar yang diselenggarakan oleh Organisasi Kepemudaan Wirausaha Wuda Nusantara (Wimnus) Jawa Tengah itu, diikuti 1000 lebih pelajar  SMK dan SMA se Purbalingga. Kegiatan serupa, juga digelar di Banjarnegara pada siang harinya.

Selain Syafii Efendi, tampil pula Kalimah Wasis Lestari (25), peraih beasiswa bidik misi Ilmu Politik – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip)  Universitas Airlangga. Wanita kelahiran Blora, 13 Desember 1994 dari keluarga petani ini, juga baru saja meraih beasiswa S2 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia di University of Warwick, Inggris, yang akan dijalani mulai awal September 2019 mendatang.

Tampil enerjik dan mampu membakar semangat  para peserta, Syafii Efendi yang juga dikenal sebagai international public speaker ini menegaskan, anak-anak muda sekarang harus siap menghadapi gelombang besar revolusi industri 4.0. Yakni dengan membangun jiwa bisnis sedini mungkin, tanpa malu-malu, jujur dan ulet serta pantang menyerah.

“Saya targetkan, hingga akhir tahun 2020, akan lahir 10.000 pengusaha muda se Indonesia yang berjiwa entrepreneurship. Entrepreneurship itu bukan pekerjaan, tapi identitas. Mau bisnis apa saja, kalau dia punya identitas dan karakter entrepreneurship atau jiwa wira usaha, maka semua yang dia pegang akan jadi emas,” tegas Syafii Efendi

Syafii Efendi mengaku mengenal dunia bisnis sejak usianya menginjak 12 tahun. Kala itu dirinya berjualan es kelapa muda bersama sang ibunda di Medan, Sumatera Utara.

Jiwa wira usaha Syafii Efendi terus terbentuk, hingga kini di usia 27 tahun ia memiliki sejumlah usaha, diantaranya properti, kuliner, fashion, lembaga pendidikan, transportasi, dan training motivasi. Semua unit usaha itu  berkembang pesat, sehingga ia dikenal sebagai miliarder muda.

Saat ini, Syafii Efendi juga dikenal sebagai seorang motivator wirausaha yang terbilang sukses, dan penulis buku-buku kewiraushaan yang laris di pasaran.

Mimpi

Sementara  itu, Kalimah Wasis Lestari mengajak kepada para pelajar SMA, MA, SMK maupun mahasiswa untuk rajin mencari informasi tentang beasiswa di internet. Banyak lembaga pemerintah maupun swasta, yang menawarkan beasiswa.

“Raihlah masa depanmu dengan mengawali dari mimpi. Seperti saya, tadinya juga diawali dari mimpi. Saya anak seorang petani sederhana. Punya mimpi kuliah S1 di Unair, dan mimpi ingin kuliah di luar negeri. Akhirnya, dengan berbagai upaya dan usaha, saya bisa wujudkan mimpi-mimpi itu sekarang,” ujar Kalimah.

Untuk meraih beasiswa, lanjut Kalimah, tidak harus pintar. “Yang penting ada kemauan. Selama kita mau atau ada kemauan, pasti ada jalan. Dan jangan menyerah ketika kita tidak berhasil menggapai mimpi itu. Teruslah mencoba dan mencoba, untuk bangkit dengan perencanaan yang lebih matang. Ketika kita bisa bangkit dari kegagalan itu, maka akan menjadikan diri kita lebih tangguh lagi,” ujar Kalimah.

Comment

Berita Lainnya