Sungai Cisangkuy dan Citarum Meluap, 1.028 Rumah Terendam

By: On: Dibaca: dibaca 12.91Rbx
Sungai Cisangkuy dan Citarum Meluap, 1.028 Rumah Terendam

 

Sungai Cisangkuy, Sungai Citarum dan Sungai Cikapundung meluap, Selasa (7 November 2017) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Luapan ketiga sungai itu merendam sedikitnya 1.028 rumah di tiga kecamatan yakni Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Dari data yang diterima lintas24.com dari Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalop PB BPBD) Kabupaten Bandung, Rabu (8 November 2017), jumlah rumah yang terendam di Kecamatan Baleendah, Kelurahan Andir mencapai 329 rumah dengan tinggi muka air (TMA) 10 sampai 150 centimeter.

Sementara di Kecamatan Dayeuhkolot, sebanyak 699 rumah dengan TMA rata-rata 10 hingga 120 centimeter. Di Kecamatan Bojongsoang, sebanyak 30 rumah terendam dengan TMA rata-rata 50 sampai 120 centimeter. Luapan air juga sempat merendam pertigaan Jalan Anggadireja, yang menghubungkan Dayeuhkolot dan Baleendah pada Selasa malam.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusdalop PB BPBD Kabupaten bandung, Iyus Setiawan memaparkan, curah hujan yang sangat tinggi dari sore sampai malam di wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung menyebabkan sungai-sungai besar tidak mampu menampung debit air sehingga tiga sungai tersebut meluap ke permukiman.

“Tujuh kepala keluarga yang terdiri dari 15 jiwa dan dua balita dan dua lansia pun mengungsi ke Aula Desa Dayeuhkolot. Tidak ada korban jiwa, dan warga hanya mengungsi ke aula desa, belum ke tempat pengungsian,”ungkapnya. (wiwit windiarto)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!