Sukses, Minikino Film Week 4 Bali International Short Film Festival

By: On: Dibaca: 69,235x
Sukses, Minikino Film Week 4  Bali International Short Film Festival

 

Rayakan Keberagaman Dalam Berbagai Kolaborasi

Minikino Film Week (MFW) 4, Bali International Short Film Festival 6 – 13 October 2018 telah berakhir. Tahun ini festival melibatkan total sepuluh lokasi acara, di dalamnya termasuk tiga layar tancap (Pop Up Cinema) di berbagai pelosok pulau Bali.

Selama seminggu, 92 acara pemutaran program film dan 12 acara Talks serta workshop digelar. Lebih dari 215 short film, berasal dari 60 negara ditayangkan di layar-layar lebar dan dihadiri lebih dari 40 sutradara, penulis dan produser serta aktris/aktor dari 11 negara termasuk Indonesia.

Lebih dari 3500 penonton menghadiri semua acara yang tersebar di berbagai sebaran lokasi acara. Seluruh lokasi meliputi Kota Denpasar, kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar Buleleng, Jembrana dan Klungkung, semua berjalan secara serentak.

Direktur Festival MFW4, Edo Wulia dalam pesan tertulisnya mengungkapkan, ccara pembukaan MFW 4 Sabtu, (6 Oktober 2018) dimeriahkan dengan pertunjukan kolaborasi Melati Dance Studio, mempersembahkan tarian Rejang Purwa Siddhi serta Tari Condong dengan iringan permainan gamelan yang dibawakan oleh Narwastu Art Community yang terdiri atas musisi dari Bali, Jawa, USA, Finlandia, Argentina, Canada, Serbia, Columbia, Turki dan Inggris.

“Program film pendek pembuka disusun khusus dan menawan dengan proyek kolaborasi Minikino,Teater Kalangan dan Sanggar Anak Tangguh yang menampilkan live voice-dubbing dalam bahasa Bali untuk film ‘Be The Reds’ karya sutradara Kim Yoongi (Korea Selatan). Yoongi yang hadir bersama produsernya menyatakan kekagumannya karena program ini sungguh unik dan penuh semangat,”paparnya.

Untuk para juri Edo Wulia menambahkan, Putri Ayudya (Jakarta), Anton Muhajir (Denpasar), dan Liew Seng Tat (Malaysia). Dari industri film nasional, produser, penulis dan sutradara Indonesia Nia Dinata dan Paul Agusta ikut berpartisipasi menjadi narasumber program serta workshop. Aurelian Michon dari Institut Français Indonesia juga hadir dalam sesi presentasi/talks tentang peran negara dalam atmosfir produksi, distribusi, dan eksibisi film pendek di Prancis dan Eropa.

“Dari jaringan kerja antar badan festival tahun ini, selain kerjasama Austin Film Festival, direktur Image Forum Festival-Koyo Yamashita (Jepang) berkesempatan hadir dengan program film pendek dan diskusi film eksperimental,”ungkapnya.

Direktur Eksekutif Minikino Film Week 4, I Made Suarbawa menuturkan, seluruh rangkaian acara selama delapan hari ditutup dengan penganugerahan berbagai penghargaan dan pengumuman pemenang Begadang Filmmaking Competition 2018 skala nasional, sebuah kompetisi unik produksi film dengan batas waktu 34 jam. Pemenang tahun ini adalah tim Produksi Kecil dari Denpasar, berjudul TAKSA (sutradara Prasetyo Wibowo S.) berdurasi 5 menit 20 detik.

“Film ini berhasil menunjukkan kreativitas penggunaan elemen audio-visual yang wajib tampil hingga menjadi satu cerita dengan konflik dan emosinya sendiri,” ungkapnya saat mengumumkan pemenang diatas panggung.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!