Srikandi dan Koti Mahatidana Pemuda Pancasila Purbalingga Bantu Korban Gempa Banjarnegara

By: On: Dibaca: 319,258x
Srikandi dan Koti Mahatidana Pemuda Pancasila Purbalingga Bantu Korban Gempa Banjarnegara

Srikandi  dan Komando Inti (Koti) Mahatidana Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Purbalingga memberikan bantuan kepada korban bencana gempa bumi di Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara, Minggu (22 April 2018 ).

Ketua Srikadi Pemuda Pancasila, Ika Lestari mengatakan, kegiatan Bakti Sosial ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan semangat kegotongroyongan dan persatuan kesatuan anggota Pemuda Pancasila.

“Ini pengejawantahan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dari segenap anggota Pemuda Pancasila Kabupaten Purbalingga,”ungkap Ika Lestari disela-sela kegiatan kepada cyber media lintas24.com.

Ika menambahkan, aksi kepedulian ini membantu persedian logistik, diantaranya memberikan bantuan berupa mie instant, beras, minyak goreng, susu kental manis, gula pasir, sabun mandi, pasta gigi, pembalut wanita, perlengkapan kebutuhan anak-anak dan bayi.

“Selain membantu persediaan logistik sembako, kami membantu mengangkut korban ke tempat pengungsian sementara,”ungkapnya

Ika menegaskan, salah satu dampak terbesar akibat bencana adalah trauma. Trauma biasa terjadi setelah seseorang melihat kejadian yang mengguncang jiwa dan mentalnya. Sebenarnya, trauma bisa berdampak pada siapa saja, dari orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Trauma bagi anak akan terus muncul, seperti mimpi buruk atau kilas balik pada bencana yang pernah mereka rasakan.

“Untuk itu, kami memberikan hiburan dan permainan dengan maksud untuk sedikit demi sedikit membantu melupakan kejadian yang baru saja dialami. Semoga sedikit bantuan yang kami berikan dapat membantu meringankan beban dan bermanfaat serta berguna bagi para korban bencana gempa bumi di Banjarnegara. Kami turut berduka, namun kita tidak boleh larut dalam kesedihan,”ungkap Ika Lestari.

Seperti diketahui, gempa telah mengguncang wilayah Banjarnegara, Rabu (19/4), pukul 13.28 dengan kekuatan 4,4 skala richter (SR). Pusat gempa berada di 52 kilometer utara Kebumen dengan kedalaman empat kilometer. Meski kecil, dampak gempa yang ditimbulkan, khususnya di wilayah Banjarnegara sangat besar.

Tercatat 316 rumah di Kecamatan Kalibening mengalami kerusakan, 62 unit di antaranya berlokasi di Desa Kertosari, 217 rumah di Desa Kasinoman dan 37 unit di Desa Plorengan. BPBD Banjarnegara mencatat, ada sekitar 455 keluarga yang terdiri atas 1.939 jiwa pergi mengungsi (yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!