Soleh Setiawan pelajar kelas 12 Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 7 SMK YPT 2 Purbalingga – Setelah Lulus, Ingin Buka Bengkel Mobil

By: On: Dibaca: dibaca 72.34Rbx
Soleh Setiawan pelajar  kelas 12 Teknik Kendaraan Ringan (TKR)  7 SMK YPT 2 Purbalingga – Setelah Lulus, Ingin Buka Bengkel Mobil

Menjadi mekanik mobil yang handal bukanlah suatu perjalanan hidup yang singkat. Perlu proses dan  membutuhkan waktu serta pengalaman yang panjang.

Bengkel mobil merupakan salah satu jenis usaha yang kini banyak digandrungi orang, hampir di setiap kota pasti ada bengkel mobil yang berdiri dan menawarkan jasanya kepada para pemilik dapur pacu diatas 1000 cc.

Dengan banyaknya pemakai mobil di Indonesia, membuat Soleh Setiawan pelajar  kelas 12 Teknik Kendaraan Ringan (TKR)  7 SMK YPT 2 Purbalingga bercita-cita memiliki bengkel mobil.

Pasalnya, kalau sudah bisa jadi pengusaha mandiri kenapa harus menjadi karyawan. Mulailah buka bengkel dari halaman rumah, jika berkembang, cari tempat yang lebih baik. Untuk belajar mekanik mobil tidak perlu harus menunggu lulus sekolah dahulu, mulailah dari sekarang.

Masalah keahlian pada mesin mobil memang tidak semua orang bisa.  Artinya, kalau ingin memiliki keahlian dalam mesin, maka paling tidak anda punya hobi otomotif, dan mau belajar dengan cara magang di salah satu bengkel untuk bisa belajar dari sang pemilik bengkel tersebut.

“Mendapatkan ilmu dan pengalaman kerja secara nyata adalah tujuannya, jadi jangan memikirkan masalah bayaran dulu, berapa kita terima, “ungkap anak pasangan Sartomo dan Marliah warga Desa Toyareja RT 04 RW 01.

Soleh menyakini, menjadi mekanik mobil yang handal dimasa depan adalah salah satu pilihan yang bagus. Pekerjaan mekanik mobil kalau disederhanakan adalah menyesuaikan dan mengganti busi, pengapian, rem, perbaikan atau perombakan mesin, sistim pelistrikan.

“Secara teori saya dapatkan di sekolah, dan harus langsung dipraktekan di bengkel. Pulang sekolah, kerjakan PR dari sekolah dulu baru mbengkel,”ungkap lulusan SMP Negeri 4 Purbalingga.

Bagi Soleh, setiap siswa sebaiknya belajar untuk berwirausaha untuk mempersiapkan dirinya menjadi pribadi yang mandiri dalam jangka waktu yang singkat.  Salah satu tujuan seseorang sekolah adalah agar bisa lekas bekerja mencari uang setelah lulus SMK.

“Oleh karena itu tidak ada pilihan lain bagi saya, selain berjuang sekuat tenaga belajar berwirausaha sejak dini untuk mengurangi berbagai efek buruk yang dapat terjadi. Inginnya sih mampu hidup mandiri tanpa menggantungkan diri pada orangtua mencukupi kebutuhan sekolah sendiri,”ungkap Soleh. (mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!