by

Solatin Olah Singkong Menjadi Kudapan Istimewa

-Kuliner, Update-dibaca 6.12Rb kali | Dibagikan 121 Kali

Singkong menjadi satu tanaman paling toleran terhadap kekeringan. Singkong tumbuh di daerah tropis karena kemampuannya menahan kondisi pertumbuhan yang sulit. Singkong memiliki sumber tepung yang sangat baik. Tepung ini nantinya diolah menjadi beragam jenis makanan.

Empat tahun yang lalu, Solatin warga Dusun I RT 01 RW 01 Desa Kembaran Wetan, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga melihat panen singkong yang melimpah. Terpikir olehnya untuk membuat kudapan yang dapat dinikmati semua orang dengan harga yang terjangkau. Apalagi bahan-bahan pelengkap pembuat kudapan seperti kelapa dan gula kepala juga tersedia melimpah di desa.

“Saat itu, saya melihat singkong saat panen sangat melimpah. Seingat saya itu tahun 2016. Kebetulan suami saya saat itu berhenti bekerja di bengkel sepeda motor,” kenang istri dari Kuswadi.

Ia mengaku memilih jenis kudapan ini karena membuatnya sangat mudah. Atas persetujuan suaminya, Solatin mulai membuat gethuk, mega mendhung, mata gareng,  kue lopis, dan kue pipis. Suami yang mengupas, memarut singkong dan kelapa, dirinya yang memasak hingga matang. Pekerjaan dimulai pukul 16.00 Wib, penyiapan kudapan menjadi siap saji ditunggu sampai dingin terlebih dulu. Baru pagi harinya, kudapan-kudapan itu dibungkus dengan daun pisang dan plastik.

“Pukul 05.00 Wib pagi harus siap. Karena kudapan ini diambil oleh para pedagang keliling  untuk dijual,’ ungkapnya

Untuk Anda yang penasaran ingin menikmati lezatnya kudapan terbuat dari singkong produksi Rava Snack ini juga dapat memesanya langsung dengan menghubungi nomor ponsel 085786725760. (yoga tri cahyono)

Comment

Berita Lainnya