Soal UNBK Tak Muncul di Monitor, Siswa Di Purbalingga Garap Hingga Malam

By: On: Dibaca: 8,941x
Soal UNBK Tak Muncul di Monitor, Siswa Di Purbalingga Garap Hingga Malam

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/ MA di Kabupaten Purbalingga mengalami kendala. Sedikitnya ada 19  SMA dan MA di Purbalingga harus menggelar ujian ulang pada malam hari. Khusus untuk siswa yang terpaksa melakukan ujian ulang, diperkirakan jumlahnya tidak kurang dari 1.000 orang. , Selasa (10 April 2018)

Seperti yang terjadi di SMA Negeri 1 Purbalingga, sekitar 270 siswa yang mendapat giliran ujian pada dua sesi itu tidak dapat mengerjakan soal dengan maksimal. meski demikian, semua siswa tetap diarahkan untuk mengikuti ujian hingga batas waktu selesai.

Kepala SMAN 1 Purbalingga, Kustomo, Selasa (10 April 2018) malam  mengatakan, cacatnya data soal dalam UNBK karena terjadi banyak dari soal mata pelajaran matematika yang sedianya berjumlah 40 butir itu tidak muncul di layar monitor yang dihadapi s iswa peserta UNBK. Ini terjadi pada sesi 1 dan sesi 2. Data soal yang cacat pada soal ujian terjadi menyeluruh, baik di program studi IPA maupun IPS.

“Soalnya bermasalah, tidak keluar lengkap. Harusnya 40 soal, tapi yang keluar hanya 25, ada juga yang hanya keluar 13 soal. Solusinya siswa harus mengerjakan soal hingga malam hari,” katanya.

Ia menjelaskan, siswa yang ujian pada dua sesi awal tetap berada di ruangan, mengerjakan soal seadanya saja, karena syarat kelulusan itu hanya mengikuti ujian. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan UNBK hari ini dapat diatasi setelah melakukan sinkronisasi ulang data soal. Butuh waktu sekitar 60 menit untuk mengunduh ulang soal dan menyinkronkan dengan setiap komputer yang beroperasi.

“Setelah kami melapor ke BP2MK (Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus) diarahkan untuk sinkornisasi ulang. Setelah unduh soal sekitar satu jam, baru di sesi tiga ujian bisa berlangsung normal,” ujarnya.

Tak hanya di SMAN 1 Purbalingga, Kustomo yang juga menjabat sebagai Ketua Musayawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Purbalingga mengungkapkan, kasus tidak munculnya soal dalam lembar kerja UNBK juga terjadi menyeluruh di semua SMA se-Kabupaten Purbalingga.

Ratusan siswa di SMAN 2 Purbalingga juga  melakukan ujian ulang bagi siswa yang mendapat soal cacat pada hingga malam. Ujian ulang di SMAN 2 Purbalingga dimulai pada pukul 18.30-20.30 WIB.

Kepala SMAN 2 Purbalingga, Joko Mulyanto mengatakan, pihaknya mengambil kebijakan untuk menggelar ujian ulang pada malam hari karena pertimbangan efisiensi waktu.

“Banyak siswa kami yang terancam tidak dapat ikut ujian susulan minggu depan karena mau ikut seleksi Akpol (Akademi Kepolisian) dan SPN (Sekolah Polisi Negara), jadi kami putuskan untuk dilakukan (ujian ulang) malam ini juga,” jelasnya.

Wakil Kepala Kurikulum SMAN 2 Purbalingga, Rahayu Cahya Rodinda mengatakan, sedikitnya ada 110 dari 320 siswa yang terpaksa mengikuti ujian ulang malam hari. Untuk sosialisasinya, pihak sekolah melakukan kepada siswa melalui grup obrolan media sosial Whatsapp.

“Ini pertama kali ada kasus soal tidak muncul, di tahun-tahun sebelumnya pernah ada yang cacat tapi hanya di sebagian badan soal, kalau sekarang semua soal tidak muncul,” imbuhnya. (yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!