by

SMPN 3 Karangmoncol Melepas 53 Siswa Klas 9

-Pendidikan-dibaca 116.85Rb kali | Dibagikan 97 Kali

bazar smpn 3 karangmoncol

Meskipun pengumuman kelulusan SMP secara resmi baru diumumkan Sabtu (11/6) mendatang, namun sebanyak 53 siswa klas 9 SMP Negeri 3 Karangmoncol, Purbalingga, Kamis (19/5) mengikuti prosesi pelepasan siswa, yang digelar  di sekolah setempat.Di sela-sela acara pelepasan itu,digelar bazar oleh  siswa Klas 7 dan 8, yang menjual aneka makanan dan souvenir kreasi para siswa.

Kepala SMPN 3 Karangmoncol, Sodery, S.Pd, M.Pd  kepada lintas24.com mengemukakan, setiap siswa Klas 9 yang dilepas menerima syahadah/sertifikat Tahfidzul Qur’an juz 30 sesuai hapalan masing-masing dengan nilai kualitatif A, B dan C. “Yang hapal juz 30 dengan nilai sempurna atau A ada lima siswa,” ujar Sodery.

Adapun ke lima siswa itu,Salma Salsabila Science Saqina, Arif Hidayat, Siti Solekhatun, Linggi Maelani,  dan Antik Nurholimah. “Pemberian syahadah/sertifikat Tahfidzul Qur’an ini kami berikan kepada setiap lulusan SMPN 3 Karangmoncol, dengan maksud agar mereka tidak hanya pintar di bidang akademik, juga hapal dan mampu mengamalkan Al Qur’an,” ujar Sodery yang juga mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris ini.

Dalam acara pelepasan yang berlangsung  semarak itu, ditampilkan berbagai kesenian. Diantaranya calung, hadroh dan tari-tarian. Yang tak kalah menarik juga adanya bazar yang digelar oleh para siswa Klas 7 dan 8. Bazar yang bertujuan menanaman jiwa kewirausahaan ini, menjual  berbagai jajanan pasar.

Juga dijual minuman es kelapa muda, juz sirsak, es cincau,dan aneka kerajinan kreasi para siswa, seperti kaligrafi, bros, dan gantungan kunci. Yang membeli, para orang tua siswa maupun para siswa sendiri, dengan harga barag yang dijual paling murah Rp 1000 dan paling mahal Rp 5000,-.

“Ada juga kelas yang menjual balon.Kataya untuk melayani wali siswa yang hadir pada saat pelepasan, dan membawa balita,” ujar Sodery yang salut dengan kreativitas para siswanya itu.

Layak Dibanggakan

Di tengah keterbatasan yang dimiliki SMPN 3 Karangmoncol, lanjut Sodery , ada yang layak dibanggakan. Yakni  grup hadroh yang mampu menyabet juara 1 tingkat Kabupaten Purbalingga.

Dijadwalkan, grup hadroh dari sekolah pinggiran ini akan bertarung di Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Minggu (22/5) dalam lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam  dan Seni (Mapsi) tingkat Kabupaten Purbalingga.

Selain itu, yang layak dibanggakan yakni Salma Salsabila Science Saqina, siswi Klas 9 , menyabet juara 3 Takhfid tingkat Provinsi Jateng dan juara 1 tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2015.

“Kami akan terus bekerja keras untuk memajukan SMPN 3 Karangmoncol. Harapa kami, siswa selain pintar di bidang akademik, juga agamanya bagus. Untuk itu, kami menghimbau kepada orang tua yang anaknya kini kelas 6 SD maupun MI di sekitar SMPN 3 Karangmoncol, untuk mendaftarkan anaknya bersekolah di sekolah kami. Kami optimis, ke depan sekolah ini akan lebih berprestasi, ” harap Sodery.

 

Comment

Berita Lainnya