SMPN 1 Bukateja Raih 4 Kejuaraan di Jamran

By: On: Dibaca: 137,026x
SMPN 1 Bukateja Raih 4 Kejuaraan di Jamran

kontingen pramukan smpn 1 bukateja

Kontingen Pramuka SMP Negeri 1 Bukateja berhasil menyabet empat kejuaraan pada kegiatan Jambore Ranting (Jamran) yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka) Kecamatan Bukateja. Kegiatan dalam rangka memperingati hari Pramukaitu, dipusatkan di lapangan Desa Kedungjati, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, selama tiga hari,(12-14/8).

Pembina Pramuka SMPN 1 Bukateja, Heri Setiawan mengemukakan, empat kejuaraan yang diraih oleh kontingen SMPN 1 Bukateja, yakni Juara Tergiat 1 Lomba Pentas Budaya, Juara Tergiat 2 Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) Tongkat, Juara Harapan 1 Lomba Pioneering dan Juara Harapan I Lomba Kreasi Makanan.

“Sebelum Jambore Ranting ini digelar, kontingen SMP N 1 Bukateja telah kami bekali materi dan praktek.Kamisangat berharap semoga Pramuka SMP N 1 Bukateja semakin maju, dan bisa membentuk jiwa anak didik yang berkarakter,” ujar Heri Setiawan.

Jamran itu sendiri diikuti 67 kontingen, terdiri 36 kontingen Sekolah Dasar (SD),16 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 3 SMP Negeri, 1 SMP swasta, 6 Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan empat penegak , masing-masing dari SMA Negeri 1 Bukateja, SMK Negeri Bukateja,Madrasah Aliyah Minhajut Tholabah, dan SMK Yusufiyah.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramukan Kecamatan Bukateja, Yusuf S.Ag saat membuka Jamran mengatakan,kegiatan pramuka memiliki banyak manfaat diantaranya dapat membentuk karakter pelajar yang mandiri. “Banyak yang menganggap kegiatan pramuka kurang menarik. Bahkan image orang, pramuka itu hanya nyanyi-nyanyi dan tali temali saja. Padahal, gerakan pramuka bisa dijadikan sebagai pembentukkan karakter pelajar,” ujar Yusuf.

Untuk itu, lanjut Yusuf, agar Pramuka disenengi para pelajar, pihaknya akan mengemas Pramuka menjadi kegiatan yang menarik, kreatif dan inovatif.Salah satunya dengan mengedepankan kegiatan yang berbasis teknologi informasi. “Ini juga untuk memperdalam kecintaannya terhadap Indonesia,” ujarnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!