SMPN 1 Bawang Kenalkan Pramuka Sistem Blok Untuk Peserta Didik Baru

By: On: Dibaca: dibaca 5.60Rbx
SMPN 1 Bawang Kenalkan Pramuka Sistem Blok Untuk Peserta Didik Baru

Peserta didik baru di SMP Negeri 1 Bawang Banjarnegara dikenalkan dengan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, Senin (22 Juli 2019). Pengenalan wajib sesuai kurikulum 2013 tersebut, masuk dalam rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Koordinator kegiatan, Tjatur Budiantoro mengatakan, pada masa orientasi ini, para peserta didik baru dikenalkan pada kegiatan pramuka dengan sistem blok. Pola kegiatan ekstrakurikuler ini bersifat wajib dan diselenggarakan setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

“Dengan pola ini pengenalan seperti ini diharapkan kegiatan kepramukaan menjadi lebih menyenangkan dan menantang. Selain itu juga berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa dalam pembentukan karakter serta pelatihan kepemimpinan,”ungkapnya.

Ia menambahkan, materi yang disampaikan berupa orientasi kepramukaan, PBB, permainan, dan motivasi sebagai seorang pelajar. Harapannya, dengan sistem blok ini siswa menjadi tertarik terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Selain itu, juga berfungsi untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sosial siswa

“Kegiatan pramuka ini terintegrasi dengan MPLS. Pihak sekolah sebagai gugus depan, setiap tahun rutin mengajak anggota TNI dari Koramil Bawang untuk mengisi materi dan mendampingi siswa. Melalui berbagai pembaharuan pendidikan kepramukaan, diharapkan akan muncul calon pemimpin bangsa yang handal di masa mendatang,” katanya.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!