by

SMP Negeri di Purbalingga Siap Gelar PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021

-Pendidikan, Update-dibaca 5.11Rb kali | Dibagikan 160 Kali

Pelaksanaan Penerimaaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2020/2021 di Kabupaten Purbalingga siap dilaksanakan. Pendaftaran dimulai 29 Juni hingga 3 Juli 2020

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Purbalingga, Runtut Pramono menuturkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga telah menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB  dan Zonasi Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2020/2021.

“Kami sudah siap melaksanakannya. Intinya, dalam Juknis bernomor 421.2 / 024.1 / 2020,  tanggal  27 April 2020 disebutkan PPDB dilaksanakan berdasarkan prinsip nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan,’  tuturnya kepada cyber media lintas24.com, Kamis (11 Juni 2020).

Ia menjelaskan, PPDB dilaksanakan dengan mengacu, pertama Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik disekolah. Kedua, PPDB jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA lima semester terakhir dan atau prestasi akademik dan non akademik diluar nilai rapor.

“Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tahun lalu. Peserta didik dapat memilih  zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali,  dan /atau prestasi. Calon peserta didik dapat memilih 1 (satu) atau lebih jalur pendaftaran, “ ungkap Runtut Pramono yang juga Kepala SMP Negeri 1 Purbalingga.

Kesiapan melaksanakan PPDB daring/online juga diungkapkan Kepala SMP Negeri 2 Purbalingga, Titik Widajati.

“Tahun ini, SMP Negeri 2 Purbalingga telah siap melaksanakan PPDB. Tidak ada yang berbeda dengan PPDB tahun lalu,” tuturnya.

Ia menambahkan, sekolahnya menyiapkan delapan rombongan belajar (rombel) yang masing-masing rombel berjumlah 32 orang siswa. Total kuota penerimaan siswa sebanyak  256 orang. Nantinya, akan mengakomodir empat jalur yakni, 128 orang siswa untuk jalur Zonasi, 38 orang di jalur afirmasi, 13 orang di jalur perpindahan tugas orang tua dan 77 orang siswa di jalur prestasi.

“Kemarin, kami sudah mencoba menjaring minat calon siswa. Hari ini sudah tercatat sebanyak 418 orang lulusan SD/MI berminat bersekolah di SMP Negeri 2 Purbalingga,” tuturnya.

Kepala SMP Negeri 1 Padamara, Eni Rundiati menuturkan, pihaknya siap melaksanakan PPDB daring/online sesuai juknis dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga.

“Hari ini kita mengadakan rapat dengan teman-teman guru terkait pelaksanaan PPDB ini. Intinya kami siap melaksanakan,” katanya

Comment

Berita Lainnya