by

SMP Negeri 4 Purbalingga. Sekolah Pencetak Jawara Olahraga

-Olah Raga, Update-dibaca 22.05Rb kali | Dibagikan 162 Kali

SMP Negeri 4 Purbalingga memberikan banyak fasilitas untuk menunjang keahlian siswanya di bidang olahraga. Sekolah itu juga menyediakan beberapa aktivitas yang dapat menggali bakat dan minat siswa di bidang olahraga. Bakat siswa di bidang olah raga akan dibina dan dikembangkan sehingga dapat mencetak prestasi tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan bahkan internasional.

Kepala SMP Negeri 4 Purbalingga, Warsono mengungkapkan, sekolahnya melaksanakan proses pendidikan seperti sekolah pada umumnya. Tetap menggunakan kurikulum yang sama dengan sekolah lain serta mengajarkan berbagai mata pelajaran dan menyediakan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam yang dapat dipilih oleh para siswa.

“Kelas olah raga ini, tidak mengubah program sekolah atau pendidikan yang sudah ada hanya saja dari penyajian bidang khusus olah raga waktunya akan lebih ditingkatkan. Sehingga antara program mata pelajaran dan bidang olah raga akan ada keterpaduan,” katanya kepada media siber lintas24.com, Jumat (10 Juli 2020).

Ia menambahkan, penerimaan siswanya melalui seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jenjang SMP. Pihaknya menyiapkan dua kelas olahraga. Penyipakan kelas ini diawali tahap seleksi oleh guru Olahraga sesuai prestasi dan bakat olahraga.

“Mereka akan mendapatkan pelajaran umum seperti kelas lain, tetapi mereka akan mendapatkan ekstra pendidikan olahraga yang berkualitas dan intensif. Ada dua jam tambahan sebelum jam pelajaran reguler diberikan,” ungkap Warsono

Guru Olahraga, Suratno menambahkan, biasanya bakat siswa dalam bidang olahraga belum diketahui dan disadari oleh siswa sejak dini. Kemudian guru mengarahkan, untuk bisa lebih maju dan berkembang.

“Arahan itu akan memberikan dukungan serta semangat siswa untuk berlatih lebih giat dan mengembangkan kemampuannya dalam bidang yang diminati,” ungkapnya.

Ia meyakini, dengan memiliki kemampuan dalam bidang olahraga, seorang siswa akan mempunyai nilai tambah dibandingkan siswa lain yang hanya memiliki kemampuan akademik.

“Nilai tambah itu akan membuat siswa menjadi lebih spesial dan lebih mudah mendapatkan beasiswa pendidikan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pembibitan atlet berprestasi dimulai disini, agar kelak menjadi atlet olahraga yang bisa diperhitungkan dikancah dunia. Kelas olahraga di SMP ini telah mencetak prestasi, hampir semua cabang olahraga kami mendapatkan prestasi terbaik di tingkat Kabupaten, provinsi, dan nasional.

“Terutama dalam cabang olahraga atletik, pencak silat, ,bulu tangkis,renang, karate,” kata Suratno yang juga sebagai koordinator pengurus kelas olahraga

 

 

 

Comment

Berita Lainnya