SMP Negeri 2 Purbalingga Gembleng 281 Anggota Penggalang Baru

By: On: Dibaca: 147,329x
SMP Negeri 2 Purbalingga Gembleng 281 Anggota Penggalang Baru

DSC_0205

Purbalingga- Sebanyak 281 anggota Pramuka Penggalang siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Purbalingga mengikuti perkemahan evaluasi anggota Pramuka Penggalang di Bumi Perkemahan Munjul Luhur (5-7/6).

Kepala SMPN 2 Purbalingga Aman Musthofan mengungkapkan, para siswa didampingi oleh 25 orang dewan Penggalang Pramuka kelas VIII dan 15 orang anggota Penggalang Garuda kelas IX serta 25 orang guru pembimbing.

“Pramuka penting guna mendidik generasi muda yang berkarakter,” kata Aman.

Aman menambahkan, mereka merupakan para siswa kelas VII perlu dibekali pengalaman tentang Kepramukaan, juga mengikuti kegiatan sebagai syarat untuk mengikuti kenaikan tingkat dari Pramuka Siaga ke Penggalang

Dikatakan Aman, SMPN 2 Purbalingga terus berupaya menempa dan mencetak kader pelajar yang tangguh, terampil serta cerdas. Salah satunya melalui Gerakan Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakulikuler pilihan wajib bagi para siswa di samping masih banyak lagi kegiatan ekstralikuler pilihan bebas.

Hal itu dikarenakan untuk membentengi generasi muda sebagai kader penerus bangsa agar memiliki pondasi yang kuat, sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh pengaruh zaman.

“Penanaman disiplin ini dalam rangka membentuk pondasi yang kuat, sehingga generasi muda tidak mudah goyah oleh arus zaman,” tandasnya.

Pembina Pramuka, Sri Kustono menambahkan, perkemahan ini sangat penting bagi siswa, dan bagi yang tidak mengikuti akan rugi, terutama pengalaman, wawasan, keterampilan, kerjasama, keberaranian, kekompakan dan kepemimpinan. Antusias mengikuti kegiatan Pramuka sangat luar biasa, baik dari siswa sendiri maupun dorongan dari para orang tua, terlihat dari banyaknya orang tua/wali murid yang menjenguk anak-anaknya di lokasi pekemahan terutama pada malam hari.

“Banyak hal yang kita pelajari dan kita evaluasi selama awal semester kemarin, karena untuk berbicara atau menyampaikan sesuatu saja para murid harus belajar tata caranya,” ungkap Sri Kustono

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan selama perkemahan itu antara lain lomba mendirikan tenda ponco, PBB, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan lacak arena serta lomba penampilan seni budaya antar regu.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!