SMP Muhammadiyah 2 Gelar Lomba Roket Air se-Jawa, Siap Gelar Kompetisi Robot

By: On: Dibaca: 121,261x
SMP Muhammadiyah 2 Gelar Lomba Roket Air se-Jawa, Siap Gelar Kompetisi Robot

Roket air 02Roket air 01

CILACAP – Lagi, SMP Muhammadiyah 2 Cilacap menggelar lomba roket air tingkat daerah dengan tajuk Java Water Rocket Competition 2015.

Ajang ini dimaksudkan untuk menggali potensi siswa di Kabupaten Cilacap. Disamping itu juga merupakan inovasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Lomba untuk pelajar SD/MI se-Jawa ini digelar di Lapangan Krida Nusantara, Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Minggu (13/12).

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Cilacap Bambang Kusmiyanto mengatakan, kegiatan ini menjadi agenda rutin bagi SMP Muhammadiyah 2 Cilacap, dan dapat menonjolkan potensi yang dimiliki oleh pelajar di Kabupaten Cilacap.

“Ini merupakan program rutin SMP Muhammadiyah 2 Cilacap untuk meningkatkan dunia pendidikan. Dua tahun lalu kami juga mengadakan kegiatan yang sama untuk tingkat kabupaten, kali ini kita besarkan lagi yakni se-Jawa,” ungkapnya kepada lintas24.com, Minggu (13/12).

Jumlah peserta sebanyak 109 tim atau 327 siswa dimana setiap tim terdiri dari 3 siswa. Peserta memperebutkan Trophy Bergilir Bupati Cilacap, Trophy Disdikpora, Trophy Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cilacap, dan sejumlah trophy lain.

Menurut Bambang, kompetisi juga akan dimeriahkan penampilan seni dari siswa-siswi perguruan Muhammadiyah di Cilacap, seperti bela diri Tapak Suci, drumband, dan mini orkestra.

Sejumlah stand juga akan melengkapi kegiatan ini, yaitu stand kuliner dan berbagai hasil karya siswa-siswi perguruan Muhammadiyah.

“Peserta antara lain berasal dari Cilacap, Yogyakarta, Magelang, Muntilan, Purbalingga, dan beberapa kota lain di Pulau Jawa,” imbuhnya.

Diharapkan kegiatan ini sukses, dan pihaknya juga akan mengadakan pelatihan pembuatan roket air untuk anak-anak SD sehingga bisa menularkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki kepada sekolah-sekolah SD, dan bisa dikembangkan lebih maju lagi tidak hanya di Cilacap atau di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap, tetapi bisa dikembangkan di sekolah-sekolah lain.

Ke depan, Bambang menandaskan, karena ini program rutin maka akan kita kembangkan lebih lanjut.

“Nanti tidak hanya di program roket air, insya Allah pada kesempatan lain kita akan mengadakan lomba di bidang robot karena sekolah kami juga punya program unggulan robot,” katanya.

Ditanya target dari acara tersebut, dia menegaskan secara intern tak lain publikasi bagi SMP Muhammadiyah 2 Cilacap.

“Selain itu, tentu untuk memasyarakatkan teknologi meski sederhana, seperti roket air,” timpalnya.

Untuk itu, pihaknya berterimakasih atas sambutan positif dan dukungan yang telah diberikan. Juga dalam kegiatan ini pihaknya akan berusaha untuk menampilkan potensi-potensi daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Cilacap. (estanto)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!