SMKN 1 dan MTs N Karanganyar Dinilai Lomba PMR Teladan Tingkat Jateng

By: On: Dibaca: 107,309x
SMKN 1 dan MTs N Karanganyar Dinilai Lomba PMR Teladan Tingkat Jateng

Tim Penilai Lomba Unit Palang Merah remaja (PMR) Teladan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jateng melakukan Visitasi ke MTs N Karanganyar dan SMKN 1 Purbalingga, Sabtu (12/9). MTs N Karanganyar mewakili PMR Madya, sedang SMKN 1 untuk kategori PMR Wira.

Dalam penilaian ini dilakukan pengecekan lapangan yang terdiri dari administrasi pangkalan, sarana dan prasarana; proses rekruitmen; pelatihan; pengakuan dan penghargaan serta evaluasi kegiatan PMR. Proses Penilaian dari Tim terbagi dalam 3 model yaitu presentasi dari ketua PMR, interview dengan siswa non PMR dan guru non Pembina PMR serta School Tour untuk melihat kondisi fisik UKS dan lingkungan sekolah Purbalingga yang mendukung kegiatan ke-PMR-an.

Selama proses penilaian, Tim melibatkan secara langsung anggota PMR sebagai obyek penilaian melalui proses dialog langsung, sebagai pemandu school tour dan peraga keterampilan yang ingin dievaluasi, kata Ketua PMI Purbalingga, Suyitno.

Menurut Suyitno, pelaksanaan lomba ini dirasakan sangat bermanfaat bagi PMI Kabupaten Purbalingga dan pangkalan PMR karena dapat memacu proses pembinaan menjadi lebih baik dari segi sarana prasarana, administrasi dan proses pelatihan, sekolah akan lebih termotivasi untuk melakukan perbaikan dan pembenahan pola pembinaannya.

Apalagi dengan model Lomba ini yang selalu bergantian, karena Pangkalan yang sudah pernah maju mewakili kabupaten tidak diijinkan lagi untuk mengikuti di tahun-tahun berikutnya, ujarnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!