SMKN 1 Bojongsari, Tingkatkan Prestasi, Aktualisasikan Diri dalam 13 Tahun Mengabdi

By: On: Dibaca: dibaca 12.86Rbx
SMKN 1 Bojongsari, Tingkatkan Prestasi, Aktualisasikan Diri dalam 13 Tahun Mengabdi

Menginjak usianya yang ke-13, SMKN 1 Bojongsari semakin memberi arti dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berwawasan global. Menengok tahun 2002 silam, sekolah ini hanya berdiri dengan satu kelas jasa boga dan masih menumpang di SMPN 1 Bojongsari. Tak terasa kini telah berkembang menjadi sekolah dengan 31 kelas, 968 siswa dengan 4 jurusan.

Pertambahan tahun kali ini, sekolah memborong sejumlah kegiatan positif yang bersegmen sosial, lingkungan, religi dan pendidikan yang bertemakan Tingkatkan Prestasi, Aktualisasikan Diri dalam 13 Tahun Mengabdi. Hari Minggu, 4 Februari 2018 sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) SMKN 1 Bojongsari, mengadakan bhakti sosial kepada masyarakat Desa Patemon dengan membagikan sembako.

Pada hari yang sama siswa juga di ajak melakukan penghijauan dengan menanam 100 bibit tanaman bungan dan bumbu. Mereka juga membangun rumah angrek dan rumah bumbu. “Penghijauan ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan sekolah adiwiyata, yaitu sekolah yang peduli lingkungan dan nyaman,” kata Ketua Panitia HUT SMKN 1 Bojongsari Ke-13, Nurah Al Faris SPd kepada Tabloid Elemen.

Kamis, 8 Februari sekolah kembali disibukan dengan event HUT Ke-13 ini. Yakni menggelar sejumlah lomba untuk siswa tingkat SMP/MTs se-Purbalingga. Salah satunya yakni Lomba Mural, proses pengecatan lomba ini dilakukan di dinding selatan sekolah dengan tema Go-Green yang juga bagian dari spirit adiwiyata.

“Selain itu juga ada lomba lain seperti lomba penyajian kreasi menu olahan Jagung/Singkong, Fotografi, dan lomba Fashion Show. Partisipan lomba ini diikuti oleh 15 SMP/MTs  se-Purbalingga,” kata Faris.

Sedangkan untuk siswa internal sekolah juga diadakan lomba karikatur dengan menggambar salah satu dari 68 guru di SMKN 1 Bojongsari, karya pemenang akan dipajang di ruang guru. Selaras dengan momentum hari ulang tahun, juga diselenggarakan lomba tumpeng kepada masing masing kelas, sekaligus sebagai syukuran. Untuk menonjolkan karakter jasa boga, para siswa juga menyelenggarakan bazar kuliner kudapan.

Acara puncak berlangsung pada hari Sabtu, 10 Februari 2018 yakni panggung pentas seni dan sejumlah kemeriahan lain seperti penerbangan balon, pemotongan tumpeng, pesta smoke bomb yang berwarna warni,pembagian doorprize, dan pembagian hadiah pemenang lomba. Dalam panggung pentas seni, beberapa perform ditampilkan diantaranya Tari Lenggasor, Tek-tek, musikalisasi puisi dan penampilan band lokal The45.

Kepala SMKN 1 Bojongsari, Dra Niken Malasiyanti mengungkapkan pelaksanaan kemeriahan HUT Ke-13 ini tidak kalah pentingnya dengan kegiatan belajar mengajar. Sebab menurutnya acara hiburan dan ekspresi seni ini bagian dari support kesehatan jasmani dan rohani.

“Kegiatan ini juga untuk menyeimbangkan kebutuhan otak kanan dan otak kiri siswa, sehingga Inshaallah membuat mereka bahagia. Jika di luar sana ada kekerasan siswa kepada guru atau siswa menantang kepada guru, namun di SMKN 1 Bojongsari semoga tercipta mental siswa yang santun dan penuh cinta kasih,” tuturnya.

Peringatan HUT sekolah juga menurutnya menjadi refleksi bahwa sekolah ini sudah mulai ada perkembangan yang baik karena dulu  kecil dan belum memiliki sarana dan prasarana yang representatif, kini sudah berkembang melatih siswa untuk berbagai bidang keahlian. Sementara itu, selain memiliki program studi Tata Busana (Busana Butik), Jasa Boga, dan Multimedia, baru-baru ini SMKN 1 Bojongsari juga membuka jurusan Perhotelan.

“Ini semakin menegaskan bahwa sekolah turut berfokus perhatiannya di bidang pariwisata. Sebab sejauh ini sektor pariwisata di Purbalingga tengah menggeliat. Terlebih lagi rencana akan dibangunnya hotel berbintang di Purbalingga ini, kami sudah mempersiapkan tenaga-tenaga trampil untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerjanya,” katanya.

Rangkaian kegiatan HUT SMKN 1 Bojongsari Ke-13 diakhiri dengan Pengajian Ahad Pagi Majlis Taklim Muhammadiyah pada Minggu (11/2) di lingkungan sekolah. Acara dihadiri oleh ribuan warga Purbalingga, keluarga sekolah, para siswa termasuk melibatkan Ekskul Rohis untuk turut mengisi acara ini. (Ganda Kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!