Smartphone China Kuasai 75 Persen Pasar Indonesia

By: On: Dibaca: dibaca 8.96Rbx
Smartphone China Kuasai 75 Persen Pasar Indonesia

Smartphone produksi China menjadi nomer satu di Indonesia. Dari lima besar vendor smartphone, empat di antaranya diisi oleh pabrikan ponsel China. Bahkan, dua terbesar pengapalan smartphone pada kuartal ini dikuasai Oppo dan Vivo yang berhasil menggeser vendor asal Korea Selatan, Samsung.

Menurut laporan firma riset IDC, secara berurutan, pangsa pasar Oppo sebesar 26,2 persen, kemudian Vivo 22,8 persen, dan Samsung 19,4 persen.  Vendor smartphone China menguasai 75 persen dari total pengiriman smartphone di Indonesia, pada kuartal III-2019. Angka ini naik 7,7 persen dari kuartal sebelumnya. Sebelumnya pada kuartal II-2019, gabungan pangsa pasar vendor smartphone China mencapai 63 persen.

“Samsung ke posisi tiga. Ada tekanan yang tinggi dari vendor-vendor China, seperti Oppo, Vivo, Realme,” jelas Risky Febrian, Analis Marketing IDC,

Ia menambahkan, Realme yang notabene adalah pendatang baru lima besar vendor smartphone di Indonesia, mengalami pertumbuhan yang pesat tahun ini. Realme naik satu peringkat dari kuartal sebelumnya dengan pangsa pasar 12,6 persen. Realme mengungguli pesaing senegaranya, Xiaomi dengan selisih sangat tipis, yakni 12,5 persen.

Kebanyakan vendor ponsel China memang produktif menelurkan smartphone kelas menengahnya. Segmen itu tercatat tumbuh 11,1 persen. Dilihat secara keseluruhan, pasar smartphone di Indonesia kuartal III-2019, sebenarnya sedang mengalami penurunan musiman sebesar 9,9 persen secara kuartal ke kuartal (QoQ).

“Angkanya turun dari 9,7 juta unit menjadi 8,8 juta unit,” tuturnya.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!