SMA Negeri 6 Kota Bekasi Sukses Gelar Creatology.Com

By: On: Dibaca: 51,232x
SMA Negeri 6 Kota Bekasi Sukses Gelar Creatology.Com

SMA Negeri 6 Kota Bekasi sukses menggelar Creation of Technology & English Competition (Creatology.Com). Ajang ini merupakan kolaborasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kistik, E-Com, dan Six-It.

Ketua Pelaksana, Rifka Lamro Basana menjabarkan, berbagai macam lomba di Creatology.Com yakni, short movie yang merupakan kompetisi di bidang sinematografi untuk mengasah kreativitas generasi muda dengan berbagai kumpulan video. Rally photo, perlombaan di bidang fotografi yang dilakukan dengan cara menyelesaikan pesan berantai terlebih dahulu.Tak hanya mencari jawaban, peserta juga harus mengambil gambar yang dimaksud dari pesan berantai tersebut. Desain Grafis dalam lomba ini, peserta dituntut untuk menyajikan informasi dalam bentuk digital yang dikemas dengan visual semenarik mungkin serta mudah dipahami, tanpa menghilangkan keautentikan informasi yang disampaikan.

“Dibutuhkan ketangkasan serta kecepatan dalam lomba ini. kompetisi tersebut adalah bagian dari ekstrakurikuler KISTIK yang berbasis cinematography dan rally photo,”ungkapnya disela-sela kegiatan , Sabtu (20 Oktober 2018) disekolahan setempat.

Rifka Lamro Basana menambahkan, selain itu juga digelar, Lomba Cepat Tepat IT (LCT) yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta lomba untuk berpikir cerdas, tepat dan cepat dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi. Terdapat pula lomba Fast Typing dimana menjadi sebuah kompetisi mengetik. Dibutuhkan konsentrasi serta emosi yang terkontrol untuk menyelesaikannya.

“Tiga macam lomba ini merupakan perlombaan yang berkaitan dengan teknologi dan komputer dari ekstrakurikuler Six-It,”ungkapnya.

Rifka Lamro Basana menuturkan, untuk perlombaan yang berbasis bahasa inggris dari ekstrakurikuler E-Com diantaranya ialah Poem, lomba ini bertujuan untuk memotivasi dan memberi ruang kepada sastrawan muda untuk berkarya dengan segala ide kritis dan kreatif yang dinyatakan dalam bentuk puisi berbahasa inggris. Dan lomba Speech, tempat untuk mengemukakan pendapat melalui pengaplikasian kemampuan berbahasa inggris dan public speaking peserta lomba. Terdapat pula, lomba debate yaitu sebuah perlombaan yang meningkatkan kemampuan berpikir untuk merumuskan suatu penyelesaian masalah dan kemampuan berbicara siswa dalam mengemukakan ide serta pendapat yang kreatif dan rasional.

“Para peserta dipersilahkan maju secara bergantian untuk menyampaikan pidato nya yang berisi tentang ekonomi, sosial budaya, politik, dan pendidikan,”ungkap Rifka Lamro Basana.

Kepala Sekolah Dra. Hj. Henny Widhaningsih, M.Si melalui Pembina OSIS Drs. Usyeaf Syafrudin, M.Pd mengungkapkan, acara ini ditujukan bagi para siswa SMA /SMK / MA sederajat yang ada di wilayah Jabodetabek.

“Ini merupakan event bergengsi kami di SMA Negeri 6 Kota Bekasi untuk para pegiat sastra dan teknologi untuk unjuk gigi serta mengasah minat dan bakat masing masing,”tutunya.

Pembina Esktrakurikuler SIX IT, Fajar Buana, S.Pd mengaku bangga dengan terselanggaranya kegiatan ini. “Semangat peserta dan supporter saat mereka saling menunjukan keahliaannya masing-masing membuat acara semakin meriah,”ungkapnya.

Untuk pemenang lomba Creatology.com, bidang lomba Poem, juara 1 Siti Nivota R. (SMAN 11 Bekasi), juara 2 Julia Sukma Hudani (SMAN 11 Bekasi), juara 3 Daffa Yoana Karvito (SMAN 11 Bekasi). Bidang lomba Speech, juara 1 Ahmad Fauzan (SMKN 1 Bekasi), juara 2 Daniel Fadly (SMKN 1 Bekasi), juara 3 Oktavianus Putra (SMKN 3 Bekasi). Bidang lomba Debate, juara 1 SMAN 3 Bekasi dan juara 2 SMAN 11 Bekasi. Bidang lomba Short Movie, juara 1 SMA 2 Gunung Putri grup A, juara 2 SMA 17 Bekasi, dan juara 3 SMK Hutama

Bidang lomba Rally Photo, juara 1 Syahda Umilatifah (SMAN 5 Bekasi), juara 2 Azzahra Rahma N (SMAN 5 Bekasi), dan juara 3 Randy Putra (SMAN 5 Bekasi). Bidang lomba Design Grafis, juara 1 Roy Oswaldha (SMA Marsudirini Bekasi), juara 2 Azzahra Alivya (SMAN 9 Bekasi) dan juara 3 Dustin Edward (SMA Marsudirini Bekasi). Bidang lomba Fast Typing, juara 1 Abdul Rahman (SMAN 21 Bekasi), juara 2 Gilang Ramadhan (SMAN 4 Bekasi), dan juara 3 Gabriel Marcello (SMAN 4 Bekasi). (rls_anita indah sari)

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!