SMA Negeri 1 Purbalingga Luluskan 396 Siswa

By: On: Dibaca: 10,317x
SMA Negeri 1 Purbalingga  Luluskan 396  Siswa

Acara wisuda purna siswa Klas XII SMA Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2017/2018,lain dari biasanya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, selalu gebyar, dan mendatangkan artis ibu kota, kali ini penuh dengan kesederhanaan.

Dikemas dalam upacara bendera, yang dihadiri jajaran dewan guru, komite dan tamu undangan, para siswa klas XII maju satu persatu untuk dikalungi samir sebagai pertanda wisuda. Yang membanggakan, peringkat 1-10, baik untuk jurusan IPA maupun IPS tingkat SMA se Kabupaten Purbalingga, diraih siswa  SMAN 1 Purbalingga.

“Dari 396 peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang ikut, ke 396 siswa Klas XII,lulus semua. Perinciannya,265 dari IPA, dan 131 IPS,”  ujar Kepala SMAN 1 Purbalingga, Drs.Kustomo ketika dihubungi di SMAN 1 Purbalingga, Senin (7/5/2018).

Acara wisuda purna siswa bagi siswa klas XII SMAN 1 Purbalingga itu digelar pada hari Jumat (4/5) pagi,berlangsung kurang lebih satu setengah jam. Para siswa mengenakan seragam khas SMAN 1 Purbalingga, atas baju putih, dan bawahan warna coklat susu.

Dalam wisuda itu, Kepala SMAN 1 Purbalingga, Drs Kustomo memberikan penghargaan kepada para siswa berprestasi. Yakni sebagai juara  umum diraih Farid Mulia Latief dari Klas XII MIPA 8 yang meraih nilai UNBK 372 atau nilai rata 93.Kemudian tiga besar jurusan MIPA diraih Atika Murdha Hayuni  (366,5), Muhammad Rizqi Alfaris (363,5),dan Ozan Bagas Suseno(363,5). Untukjursan IPS,tiga besar diraih  Dwi SekarDarojati(368), Arif Budi Prasetyo(347),dan Meilani Rahmadila (344).

Dalam kesmepatan itu,juga diberikan penghargaan kepada  tujuh siswa yang meraih nilai sempurna (100) untuk mata pelajaran Matematika. Mereka, Citra Putra Arrafian, Nafi Ambarwati,Muhammad Rizqi Alfaris,Raisa Salma Hardiani, Rizka Nurul Afifah,Dandi Dika Saputra, dan Rizqi Anisa. Semuanya dari jurusan MIPA.

Kustomo mengatakan, lulusan SMAN 1 Purbalingga kali ini  sangat membanggakan. Meskipun kali ini acara pelapasan siswa dibuat sangat sederhana, namun sebagian besarsiswa dengan senang hati mengikutinya.

“Saya bangga dengan lulusan kali ini. Meskipun wisuda purna siswa digelar  dengan sangat sederhana,namun terasa mengesankan dan penuh rasa haru. Semoga kesederhanaan ini bisa menginspiirasi sekolah-sekolah lain di masa mendatang. Bahwa perjuangan setelah tamat SMA, masih panjang. Hanya kesederhanaan dan semangat yang bisa mengantarkan sebuah cita-cita untuk sukses. Untuk tahun-tahun selanjutnya, kami akan gelar wisuda purna siswa dengan kesederhanaan seperti ini, ”  ujar Kustomo.

Kalahkan SMAN 3 Yogyakarta

Guru mata pelajaran SMAN 1 Purbalingga, Heru Santosa menambahkan, dari 265 siswa jurusan MIPA SMAN 1 Purbalingga, nilai rata-rata matematika yang diraih 77,1.

“Ini sangat membanggakan. Bahkan,jika dibandingkan dengan nilai rata-rata mata pelajaran Matematika dari siswa jurusan MIPA SMAN 3 Yogyakarta yakni 75, nilai rata-rata mata pelajaran Matematika siswa MIPA SMAN 1 Purbalingga bisa melebihi.Untuk diketahui, jurusan  MIPA SMA di Yogyakarta, peraih nilai UNBK tertinggi diraih SMAN 3 Yogyakarta yang nota bene merupakan sekolah favorit,” ujar Heru Santosa membandingkan.

Heru Santosa mengatakan, pihaknya terus menggembleng para siswa menjelang UNBK dalam belajar Matematika.Ketiga guru Matematika Klas XII,terdiri Andang Izuraha,AnjarSuanto dan Heru Santosa saling bahu membahu untuk menggembleng para siswanya itu, sehingga hasilnya memuaskan.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!