Siwi Tami Wuryanti – Memainkan Biola Harus Pakai Feeling

By: On: Dibaca: 7,853x
Siwi Tami Wuryanti – Memainkan Biola Harus Pakai Feeling

Kutuliskan kenangan tentang  caraku menemukan dirimu. Tentang apa yang membuatku mudah berikan hatiku padamu. Takkan habis sejuta lagu, untuk menceritakan cantikmu, Kan teramat panjang puisi, Tuk menyuratkan cinta ini….

 

Lantunan lagu surat cinta untuk starla yang dinyanyikan Siwi Tami Wuryanti, Guru SD Negeri 1 Purbalingga Lor terdengar indah. Menjadi sangat istimewa, ketika Siwi menyanyikan lagu itu sembari menggesek senar biola.

Perlu dicatat, memainkan Biola juga melatih kesabaran. Sudah dapat dipastikan bahwa untuk menguasai alat musik Biola diperlukan kesabaran extra karena tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang bisa memainkan Biola.

“Permainan biola yang indah terkadang menyayat hati. Memainkan biola juga membutuhkan banyak kesabaran dan harus menggunakan feeling,”ungkap Istri Arief Hermawan

Saat memainkan Biola diperlukan perasaan atau feeling untuk mendapatkan pitch (nada) yang benar dan sesuai. Mengapa harus dengan feeling? Pada Biola tidak terdapat fretless layaknya gitar yang sudah ada fretless dengan tempat yang jelas dan pasti.

Pertama-tama taruh biola diatas bahu kita, usahakan posisi bahu sedikit dimajukan, lalu jepit biola dengan dagu kita. Yang kedua adalah cara memegang alat penggesek (bow).

“Cara memegang bow inipun harus diperhatikan saat  bermain biola, usahakan pegangan kita tidak mengganggu permainan biola kita,”ungkap Siwi

Tangan harus rileks dan tidak tegang, dan agak melengkung seolah-olah sedang memegang bola kecil. Jangan biarkan telapak tangan dekat atau bersandar pada busur penggesek.

“Mudah kok, saat sudah lancar menggesek biola selanjutnya ialah posisi jari harus benar,”ungkap Siwi hanya butuh waktu tiga bulan menguasai Biola.

Genggamlah busur penggesek. Mulailah dengan perlahan meletakkan bagian tengah jari telunjuk pada pegangan. Letakkan ujung jari kelingking pada bagian yang datar di dekat ujung tongkat penggesek, tahan jari agak melengkung.

Bagian tengah dari jari tengah dan jari manis harus dalam keadaan lemas dan sejajar dengan ujung jari kelingking, serta ujung jari tengah dan jari manis berada di samping frog (bagian yang berwarna hitam yang menghubungkan sekrup pengencang dengan rambut busur).

“Ibu jari harus dalam keadaan lemas di bawah tongkat, di depan frog, dekat atau di atas rambut busur,”ungkapnya.

Siwi mengaku, dengan berlatih menggesek nada-nada sebanyak mungkin akan cepat menguasai alat music biola.  Mainkan lagu-lagu yang sederhana dan terdengar cukup mudah dimainkan.

“Dibutuhkan banyak latihan untuk menguasai tekanan dan penempatan jari agar jari-jari menghasilkan not-not yang jelas pada papan jari. Saya yakin, pada akhirnya dapat memainkan lagu-lagu yang sulit,”ungkap ungkap guru mulai mengajar sejak tahun 2009.(mahendra yudhi krisnha)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!