by

Situs Perbengkelan Purba di Purbalingga Sedang Dikaji Tim Ahli Cagar Budaya

-Budaya, Update-dibaca 43.33Rb kali | Dibagikan 56 Kali

Dari 200 Benda Cagar Budaya (BCB) yang ada di Kabupaten Purbalingga, hanya 41 BCB yang sudah memiliki Surat Keputusan (SK) Penetapan dari Bupati Purbalingga. Pasalnya,  penetapan dengan SK Bupati membutuhkan waktu lama. Tahun 2019 ini  ada situs purbakala yang sudah diusulkan, namun masih dalam kajian.

Kabid Kebudayaan Dindikbud Purbalingga, Rien Anggareni menuturkan, sebelum diusulkan, tahapannya masuk dari masyarakat, lalu dicatat oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB). Kemudian diusulkan SK atas hasil kajian TACB Kabupaten Purbalingga. Saat ini BCB di Purbalingga ada yang bergerak dan tidak bergerak

“Saat diusulkan, maka suatu BCB harus dikaji oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten. Usai kajian rampung, maka akan diserahkan untuk mendapatkan SK. Kami dibantu oleh Tim Balai Pelestari Cagar Budaya,” tuturnya kepada cyber media lintas24.com, Rabu (28 Agustus 2019).

Ia menambahkan, saat ini ada satu situs yang sedang dikaji yaitu situs perbengkelan purba yang merupakan peninggalan produk gelang- gelang batu yang masuk ke perbengkelan purbakala.

“Penetapan ini penting, karena akan semakin terlindungi dari tangan jahil tak bertanggungjawab. Perda soal BCB juga sudah ada,”tuturnya.

Comment

Berita Lainnya