by

Siswa SMPN 2 Kertanegara Ikuti FLS2N Tingkat Provinsi

-Pendidikan-dibaca 112.60Rb kali | Dibagikan 67 Kali

 aaa

Ade Saputra  (14), siswa kelas 8 SMP Negeri  2 Kertanegara, Purbalingga berhak mewakili Kabupaten Purbalingga  pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa-Tengah untuk cabang seni kriya. Sebelumnya, Ade Saputra keluar sebagai juara pertama pada FLS2N tingkat Kabupaten Purbalingga, dengan karyanya berjudul “Museum Purbalingga” yang dituangkan dalam karya tiga dimensi berupa kap lampu.

            “Karya Ade Saputra itu terbuat dengan bahan utama berupa bambu dan bahan pendukung kayu serta pelepah pisang, dengan teknik tempel dan anyam. Karya tersebut menghantarkan Ade Saputra  maju ke FLS2N tingkat provinsi Jateng pada bulan Juli mendatang. Kami bangga dengan prestasi Ade Saputra, dan kami akan terus menggenjot kemampuan siswa-siswa lainnya untuk meraih prestasi di berbagai bidang lainnya, baik akademik maupun nonakademik,” ujar Kepala SMPN 2 Kertanegara,Tjandra Irawati, S.Pdketika dihubungi Senin (6/6).

            Tjandra Irawati mengakui, karya Ade Saputra berbentuk kap lampu sangat menarik dengan hasil akhir pekerjaan sangat halus. “Hasil karyanya bagus, dan kami berharap kelak karya ini layak untuk dipasarkan sebagai cindera mata,”  ujar Tjandra Irawati yang didampingi Heri Purnomo, guru mata pelajaran seni budaya selaku  pembimbing Ade Saputra.

            Saat ini,Heri Purnomo terus melatih Ade Saputra yang merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Turyanto dan Ranisem ini.”Ia dikenal sebagai siswa yang  tekun. Ia anak seorang petani, lahir 29 Desember 2001. Mohon doanya kepada semua warga Purbalingga,  semoga karya seni kriya Ade Saputra  ini bisa menjadi yang terbaik pada FLS2N tingkat Provinsi Jateng,” harap Heri Purnomo.

            Pada FLS2N cabang seni kriya ini, panitia di tingkat pusat mengusung tema “Pesona Kriya Indonesia”.Melalui  tema ini diharapkan  peserta  mampu mengenali potensi,  identitas,  dan  keragaman  alam  bangsa  dan  daerah serta mampu   berinovasi   dalam   mendayagunakan   kembali   barang bekas. Penilaian produk seni kriya ini didasarkan pada aspek kedalaman inovasi dan gagasan, kerapihan, bentuk dan estetika,kreativitas, komposisi bahan, kerumitan dan keaslian.

            Tjandra Irawati menambahkan, pada tahun 2016 ini, SMPN 2 Kertanegara sarat prestasi yang layak dibanggakan. Yakni juara satu Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS) tingkat Kabupaten Purbalingga atas nama Asih Afriana. “Asif Afriana berhak mewakili Purbalingga pada OSN bidang IPS di tingkat Provinsi Jateng beberapa waku lalu. Meskipun belum menjadi juara satu, namun kami bangga, bahwa SMPN 2 Kertanegara sebagai sekolah pinggiran, sudah mampu melaju ketingkat provinsi,” ujar Tjanda Irawati.

            Prestasi lainnya, lanjut Tjandra Irawati, pada FLS2N tingkat Kabupaten Purbaingga meraih juara 3 lomba Story Telling atas nama  Istidotur Rofingah, dan juara harapan dua untuk cabang desain poster, serta  juara pertama untuk cabang Seni kriya yang diraih Ade Saputra.

Comment

Berita Lainnya