Siswa SMP Negeri 2 Purbalingga Belajar Diluar Kelas, Dorong Siswa Tambah Bergairah

By: On: Dibaca: 137,949x
Siswa SMP Negeri 2 Purbalingga Belajar Diluar Kelas, Dorong Siswa Tambah Bergairah

1

 

Suasana Belajar menjadi faktor penentu keberhasilan mencapai sasaran belajar. Prinsip belajar hakekatnya sama yaitu melalui penjelajahan (eksplorasi) dan suasana hati gembira (fun).

Hal tersebut diungkapkan Sri Kustono, Guru Seni Budaya dan Kesenian (SBK) SMP Negeri 2 Purbalingga disela-sela kegiatan belajar diluar kelas untuk siswa kelas IX, Senin (1 Agustus 2016).

Dikatakan Sri Kustono, pelajaran seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak digemari para siswa, karena pelajaran tersebut lebih meningkatkan daya kreativitas anak.

“Seperti halnya kegiatan belajar diluar kelas kali ini. Anak-anak bisa berimajinasi secara langsung dengan menggambar sketsa,”ungkapnya saat mendampingi siswa di taman terbuka hijau komplek Perum Griya Abdi Kencana Purbalingga

Pasalnya, salah satu kendala dalam pembelajaran adalah rasa bosan. Entah itu terjadi pada siswa atau guru. Ketika rasa bosan sudah mempengaruhi proses belajar mengajar, ada beberapa hal yang dilakukan siswa.

“Salah satu cara mengatasi hal ini adalah belajar di luar kelas. Semua cara harus tepat guna. Usahakan ketika pembelajaran dilakukan di luar kelas, materi yang akan disampaikan bukanlah materi yang membutuhkan konsentrasi penuh,”ungkap Sri Kustono.

Ia menambahkan, pelajaran SBK seperti menggambar dan melukis ini perlu diciptakan rasa senang dan menggembirakan. Paling penting adalah suasana hati, para siswa diarahkan untuk mencoba menemukan hal-hal positif pada dirinya sehingga dapat menghasilkan cipta karsa sebuah sketsa gambar.

“Rasa senang dalam belajar dapat tercipta jika terjalin keakraban antara guru dan siswa. Keakraban antara guru dan siswa sangat menentukan keberhasilan belajar bagi siswa,”ungkapnya.

Intinya lanjut Sri Kustono, mendorong anak agar tidak sungkan bertanya kepada guru jika mereka tidak mengerti. Karena salah satu jalan membuat siswa cepat mengerti adalah dengan cara bertanya.

“Sejalan dengan Kuruikulum 2013, belajar diluar kelas diharapkan dapat membantu para siswa bergairah dalam belajar,”ungkapnya.


 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!