Siswa SMP IT Harapan Ummat Purbalingga Keracunan Makanan

By: On: Dibaca: dibaca 15.15Rbx
Siswa SMP IT Harapan Ummat Purbalingga Keracunan Makanan

Puluhan siswa putri SMP Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Ummat Purbalingga diduga keracunan makanan saat makan siang, Rabu malam (3 April 2019). Mereka merupakan siswi yang tinggal di asrama putri yg berada di belakang Hotel Belik Kembar, Kelurahan Wirasana.

“Teman saya Eka,  setelah  makan lauknya ayam, buncis, telur, sama telur puyuh merasa pusing, mual, sakit perut dan muntah. Ada sekitar 20 teman saya, ustadzahnya tiga” ujar Devi, kawan dari Eka, yang mengalami keracunan.

Direktur LPIT Cukup Riyanto mengatakan bahwa kejadian ini merupakan yang pertama kalinya. Keracunan itu memang menimpa siswa yang makan telur puyuh itu.

“Kita belum tau, entah itu pengolahannya atau telurnya terpapar zat yang berbahaya. Nanti akan kita cek lebih lanjut. Dua anak saya juga menjadi korban. Kedepan akan melakukan pemantauan menu makanan lebih ketat bagi para siswa,”  ujar pria yang biasa Icuk tersebut.

Diketahui, efek dari makanan tersebut baru timbul pukul 4 sore. Dari 83 siswi SMP asrama putri, 21 korban tersebut dibawa ke RS Siaga Medika dan sembilan ke RS Nirmala sekitar pukul 20.00 WIB. Dari puluhan siswa yang keracunan tersebut, sepuluh anak dinyatakan parah yang mengharuskan untuk diinfus

“Yang 10 itu harus mondok. Sisanya hanya disarankan untuk rawat jalan,” ujar Afdil, salah satu perawat di RS Siaga Medika.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!