Siswa SD dan SLTP Di Banjarnegara Ikuti USBN

By: On: Dibaca: 4,503x
Siswa SD dan SLTP Di Banjarnegara Ikuti USBN

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Kabupaten Banjarnegara diikuti sebanyak 15.206 siswa SD/MI, Senin-Kamis (22-25 April 2019). Pada saat yang sama 12.985 siswa jenjang SMP/MTS menempuh Ujian Nasional (UN) tahun 2019.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Banjarnegara, Noor Tamami, mengungkapkan, untuk jenjang SD/MI jumlah siswa yang mengikuti USBN tahun ini sebanyak 15.206, terdiri atas 12.060 siswa SD dan 3.146 siswa MI.

“Jumlah penyelenggaranya ada 823 sekolah, yakni 623 SD dan 200 MI. Jumlah peserta yang 15.206 siswa bisa dirinci dari sekolah negeri sebanyak 11.735 siswa, sementara dari sekolah swasta 3.471 anak,”katanya.

Sedangkan untuk rekapitulasi peserta Ujian Nasional pada jenjang SMP/MTs, Noor Tamami menerangkan, total peserta yang mengikuti UN sebanyak 12.985 siswa. Sekolah penyelenggara sebanyak 142 unit, terdiri atas 80 SMP Negeri, 22 SMP Swasta dan 40 MTs.

“Dari pantauan kami hingga ke wilayah kecamatan, alhamdulillah penyelenggaraan USBN dan UN hari ini lancar, tidak ada masalah yang berarti,” kata Noor Tamami.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono yang didampingi Kepala Dindikpora, saat melakukan peninjauan pelaksanaan ujian di SMP Negeri 1 Banjarnegara menekankan untuk menjunjung sportivitas dan kejujuran dalam ujian, dengan mengantisipasi pelanggaran atas apa yang sudah menjadi peraturan.

“Saya optimistis, pelajar Banjarnegara adalah generasi sportif yang menjunjung tinggi kejujuran, sehingga saya yakin semua bisa mematuhi dan mengindahkan peraturan ujian. Selamat mengerjakan USBN dan UN. Semoga lancar, tidak ada halangan yang berarti,” ujarnya.

Kepada panitia, petugas dan pengawas ujian Budhi Sarwono berpesan agar melayani dan mengawasi siswa-siswi peserta ujian dengan sebaik-baiknya.

“Tanggaplah barangkali ada siswa yang sakit atau membutuhkan pertolongan kesehatan lainnya. Panitia juga harus tanggap mengatasi gangguan dari lingkungan di luar sekolah seperti suara bising yang bisa mengganggu jalannya ujian,” imbuhnya.

Kepala SMP N 1 Banjarnegara, Rita Khotijah mengungkapkan, untuk SMP Negeri 1 Banjarnegara hari ini melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Pengawasnya silang dari sekolah-sekolah di lingkungan satu rayon. Pelaksanaan UNBK di sekolah kami tertib dan lancar,”tuturnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!