Sinok Sitong Harus Kenalkan Bahasa Tegal

By: On: Dibaca: dibaca 9.07Rbx
Sinok Sitong Harus Kenalkan Bahasa Tegal

Sinok Sitong Kota Tegal 2019 diharapkan tidak hanya mampu memperkenalkan seni, budaya, pariswisata Kota Tegal. Akan tetapi juga mampu memperkenalkan ciri khas khas Kota Tegal seperti kuliner dan bahasa Tegal.

“Sinok Sitong harus tahu bahasa Tegal,  jangan lupa bahasa Tegal. Bahasa Tegal adalah bahasa kebanggaan. Artinya, jangan cuma memperkenalkan seni, budaya, pariswisata yang khas Kota Tegal saja, kuliner dan bahasa Tegal harus dikenalkan,” ungkap Tegal Dedy Yon Supriyono dalam acara Grand Final Pemilihan Duta Wisata Sinok Sitong Kota Tegal tahun 2019 di Halaman Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal, Sabtu malam (21 September 2019).

Dedy mencontohkan ketika akan mengajak teman seperti mengajak makan dengan ajakan yuh mangan tuli (Ayuk makan dahulu). Kalau tidak tahu maksud yang didengar dan disampaikan maka kata tuli (dahulu-red) akan diartikan pendengarannya terganggu.

“Sampaikan juga arti panggilan Nok (Panggilan kepada perempuan-red) dan Tong (Panggilan kepada laki-laki-red) merupakan penggilan kasih sayang kepada yang lebih muda. Jangan sampai salah kaprah, memanggil kepada yang lebih tua dengan sapaan Tong atau Nok,” ungkap Dedy

Kepala Dinporapar Kota Tegal Ir Cucuk Daryanto mengatakan, pemilihan duta wisata merupakan program pemerintah pusat sampai dengan pemerintah daerah. Tujuanya untuk memilih putra putri terbaik sebagai citra positip generasi muda yang mandiri, kreatif, inovatif dan cerdas.

Cucuk mengungkapkan, nantinya Sinok Sitong Kota Tegal mampu mempromosikan potensi Kota Tegal. Pemilihan duta wisata terdiri berbagaii tahapan. Tahapan pelaksanaan diawali pendaftaran pada 1 juli-30 agustus 2019 melalui online dilanjutkan dengan temu teknik.

Kemudian tahap seleksi dan audisi. Hasil tahap seleksi terpilih 10 terbaik putra putri yang berhak untuk tampil pada Grand Final Pemilihan Duta Wisata Sinok Sitong tahun 2019. Terbaik pertama akan mewakili Kota Tegal  pada Pemilihan Duta Wisata Jawa Tengah di Boyolali.

Cucuk merinci, peserta yang ikut mulai dari pelajar SMA/SMK, DIII, S1 dan Pasca sarjana. Ada juga yang bekerja di salah satu BUMN.

“Ke depan agar lebih variatif dan lengkap. Untuk ASN dan Non ASN dapat ikut serta dalam pemilihan Sinok Sitong,” pungkas Cucuk.

Sementara itu, Juara Favorit diraih oleh Hasbi Ash Shiddiqi, Juara Persahabatan diraih oleh Dewi Mutiara Jasmin, Sinok Harapan Duta Wisata Sindy Pangesty, Sitong Harapan Duta Wisata Adham Putra Pamungkas, Sinok Wakil II Duta Wisata Viscaa Elvandari, Sitong Wakil II Duta Wisata M. Ghaly Abiyyu.

Sinok Wakil I Duta Wisata Anis Sapitri, Sitong Wakil I Hasbi Ash Siddiqi. Juara Sinok Duta Wisata diraih Quineke Laksmi Azzala dan Sitong Duta Wisata Reza Cesar Tiarso. Sedangkan untuk dewan juri yakni Amalia Fauziyah, M.Pd, K. Dian Ningsih, SH., Seny Mardiana, SE.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!