Menu
Media Online Terpercaya

“Si Mba Koling Rangga” Kini Hadir di Rutan Kelas IIB Purbalingga

  • Share
Petugas Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga menggunakan Si Mba Koling Rangga
Petugas Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga menggunakan Si Mba Koling Rangga

Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga, Soni Nevridiyanto menggagas inovasi Sistem Barcode Kontrol Keliling Rutan Purbalingga (Si Mba Koling Rangga)

Baca Juga: WBP Kelas IIB Purbalingga Terima Vaksin Dosis Kedua

“Perlu adanya sebuah sistem pengendalian pengamanan yang dirancang sedemikian rupa. Untuk menghindari kemungkinan adanya manipulasi data,” kata Soni, Senin (30 Agustus 2021).

Baca Juga: Rutan Kelas IIB Purbalingga Beri Pelatihan Membatik Warga Binaan Pemasyarakatan

Ia menjelaskan, konsepnya mudah, cepat, netral dan berbasis teknologi. Tujuannya untuk mempercepat proses pelayanan serta mengurangi kontak langsung pemberian pelayanan (service exposure) baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun masyarakat luar.

Si Mba Koling Rangga merupakan website yang berfungsi untuk memastikan semua titik yang sudah ditetapkan sebagai titik kontrol pengamanan. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai pengawasan atasan langsung, dalam hal ini Ka.KPR tehadap kinerja pegawai dalam kontrol keliling blok hunian.

Cara kerja dari Si Mba Koling Rangga ini cukup mudah. Petugas hanya perlu membuka aplikasi melalui website https://tetapdalamkendali.com.

Masukkan user name dan password lalu akan muncul jendela trolling. Scan barcode yang sebelumnya sudah tertempel di lokasi titik kontrol, maka data akan secara otomatis tersimpan di server secara real-time.

“Nantinya secara berkala staf KPR melakukan pemantauan rutin terhadap trolling barcode ini untuk dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Ka.KPR,” katanya.

Ia memaparkan, sebelumnya kegiatan trolling dilakukan secara manual dan dilaporkan pada buku laporan regu pengamanan. Agar trolling berjalan mudah, efektif serta tepat guna, diciptakan trolling dengan menggunakan sistem barcode.

Trolling barcode yang digunakan oleh jajaran pengamanan dibuat untuk mempermudah kegiatan kontrol keliling. Inovasi trolling terus disempurnakan guna mencapai target yang kami harapkan,” katanya.

Plt Kepala Rutan Kelas IIB Purbalingga, Bluri Wijaksono menyambut baik inovasi tersebut.

“Pengamanan merupakan titik paling central. Oleh sebab itu harus didukung dengan inovasi yang dapat meningkatkan pengawasan, guna meningkatkan lingkungan yang tetap aman terkendali,” katanya.

 

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *