by

Semua Guru Wajib Rapid Test Antigen. Ujicoba di Purbalingga PTM Tahap 1 Ditunda

-Pendidikan, Update-dibaca 1.81Rb kali | Dibagikan 5 Kali

Syarat rapid test antigen untuk guru menjadi penyebab ditundanya rencana pelaksanaan uji coba tahap 1 pembelajaran tatap muka (PTM) empat sekolah di Kabupaten Purbalingga.

“Jika belum melaksanakan, maka ujicoba PTM tidak boleh dilaksanakan. Pemerintah Kabupaten Purbalingga tidak memberikan izin,” kata Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra R Imam Wahyudi, Sabtu (3 April 2021).

Syarat ujicoba PTM

Ia menjelskan, rencananya ujicoba PTM akan digelar di SMPN 1 Purbalingga, SMAN 1 Bobotsari, SMKN 2 Purbalingga dan MAN Purbalingga, mulai Senin (5 April 2021). Namun,  dalam syarat ujicoba PTM yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Jawa Tengah, tak ada syarat guru wajib melaksanakan rapid test antigen.

“Tapi, Tim Gugus Tugas Covid-19 tingkat kabupaten menjadikan rapid test antige, sebagai syarat tambahanan agar izin ujicoba PTM bisa keluar. Jika hasil rapid test antigen untuk guru seluruhnya negatif, baru kami izinkan melaksanakan ujicoba PTM. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penularan covid-19, saat ujicoba PTM,” katanya.

Dia menambahkan, jika dari hasil rapid test antigen para guru ditemukan satu yang positif. Maka akan dilanjutkan dengan swab test PCR massal.

“Jika hasilnya ditemukan ada yang positif. Maka ujicoba PTM di sekolah tersebut dibatalkan,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, saat ini izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purbalingga untuk empat sekolah tersebut masih ditahan. Izin baru diberikan setelah syarat tambahan dipenuhi.

“Sehingga hampir dipastikan ujicoba PTM yang akan dilaksanakan Senin (5 April 2021) ditunda.

Sementara ditunda

Berdasarkan data, empat sekolah yang ditunjuk menjadi lokasi ujicoba PTM baru SMPN 1 Purbalingga yang melaksanakan rapid test antigen.

Sedangkan, tiga sekolah lainnya, baru dijadwalkan melaksanakan rapid test antigen mulai (5 April 2021) Meski sudah melaksanakan rapid test antigen untuk guru dan siswa, SMPN 1 Purbalingga tetap menunda pelaksanaaan ujicoba PTM. Sebab, masih ada daftar periksa kesiapan PTM yang masih harus dilengkapi oleh sekolah.

Baca Juga:  Korlantas Polri Siap Laksanakan Tilang ETLE

“Sedang diupayakan pemenuhannya oleh sekolah atas perintah Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Purbalingga. Maka ujicoba PTM tahap 1 untuk sementara ditunda sampai pemberitahuan kembali dari sekolah. Selama di rumah, siswa tetap mengikuti PJJ sesuai jadwal,” kata Kepala SMPN 1 Purbalingga Runtut Pramono.

 

 

Comment

Berita Lainnya