by

Sembuhkan Penyakit Hati dari Ghibah

-Inspirasi-dibaca 117.56Rb kali | Dibagikan 26 Kali

ol-shop

BOJONGSARI- Puasa berfungsi sebagai pembersih dari segala macam penyakit penyakit hati. Salah satu penyakit hati yang sering dilakukan namun tanpa sadar yaitu ghibah atau bergunjing.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng, Kiai Bisron Muchtar dari Kabupaten Temanggung saat tausiah pada acara Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Ramadhan di Masjid Baiturrohman Dusun Bukung, Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, akhir pekan lalu.

“Ghibah itu nggrendengi hal yang nyata pada orang lain, apakah hal nyata itu baik atau tidak. Sedangkan nggrendengi hal yang tidak nyata pada orang lain itu jadi fitnah,” katanya.

Meskipun baik atau buruk, keduanya akan berimbas yang berbeda pada setiap orang yang mendengarnya. Misalnya, jika seseorang digunjing perihal perbuatannya yang baik, jika ada orang lain yang mendengar yang berhati baik maka akan senang dan menjadi pemacu untuk berbuat baik pula. Namun jika yang mendengar tidak suka, maka akan menimbulkan rasa iri dan dengki.

“Jika yang dibicarakan baik saja bisa berakibat tidak baik, apa lagi jika yang dibicarakan tidak baik. Oleh karena itu, pada Ramadhan ini, mari kita hilangkan perilaku tersebut agar hati kita menjadi sehat,” kata mantan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Temanggung ini.

Sementara itu, dari panitia, Rasmo mengatakan, tabligh akbar tersebut digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Adapun tema yang diangkat adalah “Dalam Dimensi Ruang, Waktu dan Universal”. Acara tersebut dihadiri oleh ratusan warga Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari dan sekitarnya.

 

Comment

Berita Lainnya