by

Selama Arus Mudik, Pemudik Bisa Lalui Tol Solo-Madiun

-Daerah, Mudik Lebaran 2016-dibaca 172.97Rb kali | Dibagikan 18 Kali

 

 

ilustrasi

Hanya kendaraan kecil yang boleh lewat

Jalan tol Solo-Ngawi akan dioperasikan secara terbatas sebagai salah satu jalan alternatif jalur mudik Lebaran 2016. Ruas jalan tol yang akan dioperasionalkan mulai H-7 Lebaran tersebut baru sebatas Solo sampai Sragen.  Operasionalnya mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Kecepatan kendaraan juga disarankan maksimal 60km/jam.

Panjang ruas jalan tol tersebut kira-kira 25 kilometer, kendaraan yang akan menggunakan jalan tol masuk dari Klodran dan keluar di Pungkruk, Sidoharjo (Sragen) atau Kemiri (Karanganyar).

Terbatasnya pelayanan Tol Solo-Ngawi juga mencakup waktu pengoperasian. Kendaraan yang diperbolehkan melintas juga hanya kendaraan roda empat berbobot ringan, seperti mobil pribadi maupun minibus.

Jalan Tol Solo-Ngawi merupakan bagian dari jalan Tol Solo-Kertosono (Soker). Tol Soker dirancang untuk menghubungkan wilayah Jateng dan Jatim, serta menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Saat ini pembangunan tol untuk seksi Kartasura-Karanganyar sudah mencapai 85 persen dari keseluruhan pekerjaan. Adapun Seksi Karanganyar-Sragen sudah 38 persen dari target.

Berdasarkan catatan Dishubkominfo Kabupaten Surakarta, jumlah kendaraan yang masuk ke dalam Kota Solo selama periode tersebut bisa berkisar 700 ribu unit per hari. Sebagian besar hanya melintas saja, karena tujuan pemudik rata-rata adalah daerah sekitar Solo dan Jawa Timur.

Comment

Berita Lainnya