Sehari Menjadi Guru, Relawan KPP Pratama Purbalingga Mengajar di SD Negeri 2 Bancar

By: On: Dibaca: dibaca 45.28Rbx
Sehari Menjadi Guru, Relawan KPP Pratama Purbalingga Mengajar di SD Negeri 2 Bancar

Kementerian Keuangan Mengajar 2 Peringati Hari Uang 2017

Puluhan relawan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga menggelar kegiatan “Kementerian Keuangan Mengajar” di SD negeri 2 Bancar, Kecamatan Purbalingga,  Senin (23 Oktober 2017). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Uang yang ke-71 tahu 2017.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga, R Didik Wijatmono selaku panitia lokal, mengatakan kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar ini berupa sehari mengajar, menanamkan niat mulia untuk mengabdi kepada bangsa, secara langsung di tengah-tengah anak-anak SD.

“Kegiatan ini memang instruksi dari Menkeu RI Ibu Sri Mulyani namun non-APBN, sehingga sifatnya sukarela. Meski demikian, kami tetap melaksanakannya, tahun ini sasaran kami adalah SD Negeri 2 Bancar,” katanya.

Ia menambahkan, tujuan dari kegiatan ini tidak lain adalah untuk memperkenalkan institusi Kementerian Keuangan lebih jauh untuk ditanamkan kepada anak-anak SD. Baik dari segi keprofesian maupun dari segi fungsi kelembagaan. Meski demikian penyampaian tersebut tidak dilakukan secara rumit, melainkan dengan cara yang luwes, ringan sebagaimana mudah dipahami anak SD serta menyenangkan dan dibumbui sedikit games.

“Sejauh ini anak-anak SD hanya mengenal, sedikit jenis profesi seperti tentara, polisi, dokter, masinis, pilot, presiden, gubernur. Ketika ditanya soal cita-cita, mereka hanya menjawab itu-itu saja. Namun dalam Kementerian Keuangan Mengajar ini kita perkenalkan pada mereka bahwa di negara ini ada juga profesi pemerintahan yang mengatur keuangan negara,” katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan sebagai institusi pemerintahan, Kemenkeu mempunyai peranan vital dalam perekonomian, khususnya dalam mengawal fiskal. Oleh karena itu, Kemenkeu ini juga dikenal sebutan Negara Dana Rakca (penjaga keuangan negara). Dari segi fungsi lembaga, anak-anak juga diperkenalkan tentang adanya fungsi penarikan pajak, bea dan cukai.

Setelah para panitia mengajar, siswa-siswa juga diajak untuk berkunjung langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purbalingga sebagai intitusi Kemenkeu yang ada di Purbalingga. Kantor yang berada di Jalan S Parman No 43, Bancar ini tadinya merupakan tempat yang asing bagi para siswa, bahkan tidak pernah dikunjungi sebelumnya. Namun pada kegiatan kali ini, mereka diperkenalkan masing-masing fungsi di dalamnya.

Pengenalan dimulai pada ruangan pertama yakni ruang pelayanan terpadu sebagai tempat pertemuan atau tatap muka antara wajib pajak dengan pegawai untuk bertransaksi atau konsultasi mengenai pajak. Siswa kemudian diajak ke back-office diantaranya Seksi Pelayanan, Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon), Seksi Pengolahan data dan Informasi, Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan serta Seksi Penagihan. Kegiatan berakhir dengan refreshing dan pembagian bingkisan di aula kantor.

Kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar 2 ini, kata Didik juga berlangsung di 51 Kota Indonesia dengan memasuki 138 sekolah serta melibatkan 1665 pegawai Kemenkeu dan untuk pertama kalinya di Purbalingga. Sementara tahun lalu hanya berlangsung di kota-kota besar seperti Semarang, Jakarta, Denpasar dan Jayapura.

Kepala SD Negeri 2 Bancar, Murhayati mengungkapkan, satu kebanggaan tersendiri bagi kami para guru. Pasalnya, para pegawai Kemenkeu bersedia menjadi guru sehari bagi para siswa SD Negeri 2 Bancar.

“Semoga kegiatan ini dapat membuka cakrawala serta menambah wawasan pengetahuan anak-anak, tentang masalah sistem keuangan kita di Indonesia bagi para siswa,”ungkapnya (Ganda Kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!