by

SD Negeri 3 Purbalingga Wetan Lepas 30 Siswa Terbaik.

-Pendidikan-dibaca 115.40Rb kali | Dibagikan 54 Kali

Toto

Wargianto, Ketua Paguyuban Orang Tua Siswa :

Orang Tua Harus Terus Berkomunikasi dengan Wali Kelas

SD Negeri 3 Purbalingga Wetan melepas 30 orang siswa kelas VI tahun pelajaran 2015/2016 di sekolahan itu Sabtu (4 Juni 2016). Hadir dalam acara ini pengurus Komite Sekolah, para orang tua murid, dan seluruh murid kelas I sampai dengan kelas V.

Kepala Sekolah, Endang Iriani, S. Pd  mengungkapkan, para siswa telah mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) selama enam tahun. Selama belajar disekolah, mereka tidak hanya menimba ilmu secara teori tetapi juga mempraktekkan dalam perilaku keseharian. Para guru mendidik seluruh murid agar berakhlak mulia, sehingga kelak menjadi orang yang sempurna secara ilmu dan akhlak.

“Setelah enam tahun belajar, dengan ini kami serahkan kembali kepada para orang tua yang telah mempercayakan pendidikan anaknya di SD Negeri 3 Purbalingga Wetan. Harapan kami, semoga para murid dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dan menjadi kebanggaan orang tua, agama, dan bangsa,”ungkap Endang Iriani.

Ketua Paguyuban Wali Murid Kelas VI, Wargianto mengungkapkan, dalam hal mendidik serta mengarahkan anak sebagai peserta didik disekolah, tidak hanya tanggung jawab guru, orang tua pun harus mau ikut berperan aktif. Oleh karena itu dibutuhkan sinergi, kerjasama antara orang tua dan guru dalam mendidik anak. Guru harus terus berupaya, memberikan pemahaman yang terbaik dan jadi teladan bagi muridnya.

“Orang tua juga harus terus berkarya, memberikan contoh, meluangkan waktu dan pikirannya, termasuk dalam bentuk financial untuk mensukseskan pendidikan anak-anaknya,”ungkap Warginto.

Wargianto menegaskan, Pendidikan anak dimulai dari pendidikan orang tua di rumah dan orang tua yang mempunyai tanggung jawab utama terhadap masa depan anak-anak mereka, sekolah hanya merupakan lembaga yang membantu proses tersebut. Sehingga peran aktif dari orang tua sangat diperlukan bagi keberhasilan anak-anak di sekolah

“Harapan terbesar orang tua adalah ingin memiliki anak yang soleh, sopan, pandai bergaul, pintar dan sukses , tetapi harapan besar ini jangan sampai menjadi tinggal harapan saja. Bagaimana orang tua untuk mewujudkan harapan tersebut, itulah yang paling penting,”ungkapnya.

Artinya lanjut Wargianto, kedudukan dan fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia sangatlah penting dan fundamental, sekolah pada hakekatnya merupakan wadah pembentukan karakter siswa, karena anak-anak yang masih berada dalam bimbingan tanggung jawab guru dan orang tuanya.

“Oleh karena itu, orang tua harus terus memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral dan tingkah laku anak-anak. Hal ini dapat dilakukan orang tua dengan berkomunikasi dengan wali kelas untuk mengetahui perkembangan anak di sekolah,”ungkap Wargianto.

Comment

Berita Lainnya