SD Negeri 3 Cipaku Luncurkan Bantuan Uang Tunai PIP

By: On: Dibaca: 5,222x
SD Negeri 3 Cipaku Luncurkan Bantuan Uang Tunai PIP

 

Sekolah Dasar Negeri 3 Cipaku Kecamatan Mrebet meluncurkan bantuan uang tunai Program Indonesia Pintar (PIP) untuk 76 orang siswanya.

Tujuan PIP ini adalah meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar 12 (dua belas) Tahun.

“Sekaligus mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi,”ungkap Kepala Sekolah Bambang Sadono Priadi usai penyerahan bantuan tunai disekolahnya, Kamis (19 Oktober 2018)

Bambang Sadono menambahkan, bantuan tunai PIP kali ini merupakan penyaluran tahap 1,2,4 dan 6 kepada 61 siswa klas 2 hingga klas 6, serta 15 siswa yang telah lulus dan kini duduk di klas 7 SMP.

“Besarannya masing-masing Rp 450.000 untuk  61 siswa klas 2 hingga klas 6 dan Rp. 225.000 15 siswa yang telah lulus dan kini duduk di klas 7 SMP,”ungkapnya

Bambang Sadono menambahkan, prinsip pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di antaranya adalah   efisien, efektif, transparan, akuntabel, kepatutan dan manfaat. Artinya, PIP harus diusahakan dengan menggunakan dana dan daya yang ada untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam waktu sesingkat-singkatnya dan dapat dipertanggung jawabkan serta sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya sesuai dengan sasaran yang ditetapkan

“Kami menjamin adanya keterbukaan yang memungkinkan masyarakat dapat mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai PIP serta pelaksanaan kegiatan ini dapat dipertanggungjawabkan sejalan dengan prioritas nasional,”ungkap Bambang Sadono.

Bambang Sadono juga mengingatkan bahwa penggunaan bantuan uyang tunai PIP harus dimanfaatkan untuk keperluan sekolah.

“Manfaatkan PIP, harus digunakan untuk keperluan sekolah putra-putri Bapak dan Ibu. Jangan digunakan untuk hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan sekolah,” ungkapnya.

Sugiatmi orang tua Windi Nafinurnaeni salah satu penerima bantuan uang tunai PIP, mengaku akan menggunakan bantuan uang yang diterimanya untuk kebutuhan sekolah anaknya.

“Anak saya masih memerlukan, alat tulis dan buku untuk belajar. Baju seragam anak saya sudah lusuh, saya akan belikan seragam baru supaya sekolahnya lebih semangat. Nota pembeliannya nanti akan saya serahkan ke sekolah sebagai bukti sudah dipergunakan sesuai peruntukannya. (mahendra yudhi krisnha)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!