SD Negeri 1 Purbalingga Lor Genap 70 Tahun

By: On: Dibaca: dibaca 23.99Rbx
SD Negeri 1 Purbalingga Lor Genap 70 Tahun

8 Oktober 2017, SD Negeri 1 Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga merayakan hari ulang tahunnya yang ke-70 dengan menyemarakan berbagai acara bertemakan budaya. Perayaan ulang tahunnya yang sudah cukup sepuh ini juga mengundang kembali para mantan kepala sekolah dan guru yang pernah menjabat di SD Negeri 1 Galor ini. Bahkan, Sonikmah, Kepala Sekolah yang menjabat sekitar tahun 1982 juga turut hadir di sana. Selain itu juga sebagian kecil alumni turut hadir di acara ini.

Semarak perayaan ini diikuti oleh 428 siswa dari 13 kelas, serta masing-masing siswa didampingi oleh wali murid. Kegiatan pembuka yang dilaksanakan berupa jalan santai yang dikemas layaknya pawai budaya. Para siswa mengenakan pakaian tradisional atau pakaian adat, kostum penari tradisional, tak ketinggalan pula aksi para pemain seni tek-tek yang mengundang perhatian masyarakat untuk menyaksikan karnaval ini.

Jalan santai atau karnaval ini dimulai dari depan SD Negeri 1 Purbalingga Lor di Jl. Pujowiyoto – Jl. D.I Panjaitan – Jl. Wirasaba – Jl. Letnan Ahmad Nur (Kauman) – Jl. Jambu Karang kembali ke Jl. D.I. Panjaitan dan memasuki Hotel Kencana. Sesampainya di aula pertemuan Hotel Kencana, acara dilanjutkan secara formal diselingi pembagian doorprize dan pentas seni dari perwakilan ekstrakulikuler, seperti tari, qiroah, menyanyi, dan band.

Kepala Sekolah SDN 1 Purbalingga Lor, Hartati mengatakan tema perayaan kali ini adalah ‘Prestasi Berbasis Budaya, Jadilah Pelopor dan Juara.“Sebenarnya HUT SDN 1 Purbalingga Lor jatuh pada 1 Oktober kemarin, namun mengingat berbarengan dengan upacara Hari Kesaktian Pancasila sehingga dialihkan hari ini. Perayaan kali ini, sebagai pengingat kita bahwa SDN 1 Purbalingga Lor mengedepankan pretasi tanpa meninggalkan budaya, kami berusaha sebisa mungkin menjadi sekolah berprestasi yang tetap nguri-nguri budaya,” katanya.

Hartati mengatakan prestasi siswa/siwi SDN 1 Purbalingga Lor selalu membanggakan. Hal itu, karena hampir setiap tahun siswa/siswi mendapatkan juara, minimal di tingkat Kabupaten. Selain itu, rata-rata nilai akademik tidak pernah keluar dari lima besar di Purbalingga. “Meski membanggakan, jangan sampai anak-anak kemudian lepas dari budayanya sendiri. Bolehlah terbang setinggi langit, tapi jangan sampai lupa berpijak di bumi,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara HUT ke-70 SD Negeri 1 Purbalingga Lor,  Kukuh Resdiana yang juga wali murid mengatakan bahwa kegiatan ini juga terselenggara atas pihak sekolad dan inisiatifnya bersama wali murid yang lain.

“Harapan kami dengan acara ini bisa menumbuhkan kebersamaan antara pihak sekolah, siswa dengan wali muridnya sehingga tercipta simbiosis mutualisme. Sudah selayaknya kami wali murid mendukung program-program sekolah demi kemajuan dan prestasi putra putri kami,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Heriyanto SPd MSi menyampaikan harapan agar di usia yang ke-70, SDN 1 Purbalingga Lor semakin dewasa, tumbuh dan berkembang, serta meraih prestasi. Selain itu, berpesan agar pemenuhan 8 standar pendidikan nasional dapat tercapai dengan baik.

“Sarana prasarana sebenarnya hanya sebagai pendukungnya saja. Namun yang terpenting justru kultur akademik, kompetensi, pembinaan, proses pembelajaran yang baik. SDN 1 Purbalingga yang telah cukup banyak pengalaman diharapkan bisa mendidik murid dengan semua komponen yang ada, baik itu kulikuler, ko kulikuler, maupun ekstrakulikuler,” ujarnya.(Ganda Kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!